Foto Kertas Note Balok

Manfaat Musik Klasik

Share Button

Musik telah dikenal sejak dulu sebagai salah satu media untuk membantu manusia menenangkan pikiran. Terutama musik klasik dan musik instrumental atau musik tanpa lirik dan vokal. Tak heran banyak orang yang menjadikan kegiatan mendengarkan musik sebagai hobi mereka.

Ternyata mendengarkan musik instrumental memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja itu? Mari simak dibawah ini:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Mendengarkan musik instrumental selama 30 menit setiap hari pada pagi dan malam hari, dapat membantu penderita hipertensi untuk menurunkan tekanan darahnya. Perasaan tenang dan rileks yang diberikan akan membantu tubuh untuk bekerja lebih stabil.

2. Memperbaiki Mood

Jenis musik dengan tempo lambat dan alunan alat musik dengan harmonisasi yang baik, ternyata dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih senang dan santai. Dalam keadaan stres akibat tekanan pekerjaan di kantor.

3. Daya Tahan Tubuh Meningkat

Menurut penelitian, mendengarkan musik juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15%. Hal ini membenarkan kebiasaan beberapa orang yang melakukan olahraga sambil mendengarkan musik. Tubuh akan tidak mudah lelah, kondisi badan tetap segar, dan bisa berolahraga dengan lebih lama.

4. Memfokuskan Pikiran dan Meningkatkan Kemampuan Mengingat

Beberapa penelitian membuktikan bahwa musik dapat membantu Anda memfokuskan pikiran. Hal yang sama bisa diaplikasikan saat Anda sedang membaca buku, belajar, atau saat mengingat sesuatu. Anda bisa praktek penelitian ini kepada Anda atau anak Anda dengan cara memainkan musik sambil mereka belajar.

5. Terapi Penyambuah penyakit

Kemampuan musik klasik untuk membuat seseorang menjadi rileks ternyata bisa diaplikasikan juga dalam dunia medis. Dengan musik, para pasien yang sedang menjalani terapi dapat terbantu karena musik ternyata dapat memberi dampak positif bagi pengobatan penyakit jangka panjang seperti kanker, stroke, jantung, dan gangguan pernafasan. Musik juga dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa cemas, rasa sakit, dan membuat detak jantung lebih stabil.

  1. Membantu penderita imsomnia

Mendengarkan musik sebelum tidur dapat membantu penderita insomnia untuk tidur lebih cepat. Dengarkanlah musik 45 menit sebelum tidur agar tubuh dan otak menjadi rileks sehingga lebih mudah tertidur dengan pulas. Dengan begitu, para penderita insomnia dapat mengembalikan tidur mereka yang berkualitas seperti dulu.

Membantu Perkembangan Otak Janin

Saat hamil, para ibu dianjurkan untuk memberikan janin mereka asupan musik setiap hari. Alunan musik klasik ini akan membuat pertumbuhan janin lebih baik dan membuat anak Anda lebih pintar.

Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Mendengarkan musik ternyata juga dapat membantu Anda bersosialisasi. Hal ini dikarenakan musik dapat membantu Anda memahami keadaan sekitar serta bertindak lebih bijak dan tenang.

Share Button