foto mangga

Manfaat Mangga bagi Kesehatan

Share Button

Mangga adalah salah satu buah dengan rasa khas dan sudah menjadi primadona di Indonesia. Jenisnya yang beragam bahkan sampai ratusan, serta warna kuning, hijau, atau oranye yang memikat membuat orang-orang gemar menyantapnya. Tidak sedikit jenis makanan yang menambahkan mangga di dalamnya, salah satu yang terkenal tentu rujak, sementara untuk minuman, jus mangga lah yang paling juara.


Selain rasanya yang nikmat, mangga juga kaya akan manfaat seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B6, E, fosfor, kalium, dan magnesium. Di dalam mangga juga terdapat pythochemicals, seperti astragalin, betakaroten, dan quercetin, yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Berikut manfaat-manfaat buah mangga:

Mencegah Kanker
Senyawa fenolik di dalam mangga, seperti quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, dan methylgallat terbukti memiliki anti-oksidan dan sifat anti-kanker. Buah mangga juga tinggi akan pektin. Penelitian telah menunjukkan bahwa pektin memiliki efek perlindungan terhadap kanker pada saluran pencernaan.

Membantu Melancarkan Pencernaan
Buah mangga mengandung enzim pencernaan yang membantu organ pencernaan untuk mengolah protein sebagai fasilitas penyerapan dalam tubuh, sehingga meningkatkan sistem pencernaan. Kandungan serat dalam mangga juga membantu dalam pencernaan.

Mencegah Penyakit Jantung
Vitamin A, E, dan selenium membantu tubuh agar terhindar dari penyakit jantung. Buah mangga juga kaya akan vitamin B6 yang berperan dalam mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kadar homocysteine (asam amino dalam darah yang merusak lapisan pembuluh darah).

Meningkatkan Kesehatan Mata
Buah Mangga mengandung vitamin A, anti-oksidan kuat yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan mata dan melindungi terhadap usia degenerasi makula terkait. Anda hanya perlu mengkonsumsi mangga sebanyak satu gelas setiap harinya agar mata Anda tetap sehat.

Mencerahkan Kulit

Apabila Anda secara rutin mengkonsumsi mangga maka pori-pori Anda akan bersih dari jerawat Manfaat ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi mangga atau dengan menggunakannya sebagai bahan kecantikan seperti masker.

Share Button