Labu siam

Manfaat Labu Siam

Share Button

Labu siam (Sechium edule Sw).

Buah dengan bentuk khas dan terkenal karena murahnya ini bisa diolah sebagai lalapan, atau biasanya ditumis atau dimasak menjadi masakan berkuah seperti lodeh dan sayur asam. Ya, buah. Meski orang Indonesia lebih mengenal labu siam sebagai sayuran, kenyataannya labu siam adalah buah. Buah ini juga kaya akan manfaat seperti serat, asam folat, kalium, vitamin dan mengandung efek diuretik. Dari kandungan tersebut labu siam menjelma menjadi makanan sehat buat penderita diabetes, kolesterol, asam urat dan sangat bagus untuk ibu hamil.

1. Baik untuk jantung

Kandungan vitamins B dan folat, mampu meningkatkan kinerja jantung. Aliran darah akan lebih lancar, dan kandungan amino acid yang menyebabkan penyakit jantung dan stroke juga dapat berkurang.

2. Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C sebesar 13% dalam labu siamĀ  bekerja sebagai antioksidan dan mencegah berkembangnya sel-sel kanker akibat radikal bebas.

3. Mencegah jerawat

Zinc atau zat besi yang terkandung dalam labu siam dapat mengurangi hormon yang memproduksi minyak di wajah.

4. Memperkuat tulang

Vitamin K dalam labu siam baik untuk tulang. Bahkan dampaknya masih bisa dirasakan bagi para lansia yang rajin mengkonsumsi labu siam. Ancaman pengeroposan tulang atau osteoroposis bisa ditekan dengan konsumsi secara rutin.

5. Baik untuk Ibu Hamil

Asam folat yang baik untuk jantung ternyata juga baik bagi ibu hamil karena dapat mengurangi risiko kelahiran bayi cacat. Jika ibu hamil secara rutin mengkonsumsi 100 gram labu siam setiap hari, maka cukup untuk memenuhi 23,25% kebutuhan tubuh akan asam folat.

Sumber foto : www.sxc.hu

Share Button

Republished by Blog Post Promoter