keju

Manfaat Keju untuk Kesehatan Gigi

Share Button

Keju, makanan yang identik dengan Jerry si tikus ini, ternyata keju mempunyai manfaat untuk kesehatan gigi. Hal ini disebabkan keju adalah salah satu produk susu sama halnya seperti yoghurt. Seperti yang kita ketahui, susu mengandung banyak fosfor dan kalsium. Keju mampu menghambat pengeroposan email gigi, karena keju dapat merangsang aliran air ludah dan menghilangkan rasa asam di rongga mulut. Lemak dalam keju juga mampu membuat plak dan bakteri di permukaan gigi berkurang.

Keju tidak hanya berfungsi sebagai pencegah gigi berlubang, tetapi juga dapat membantu menyembuhkan gigi yang berlubang. Asupan keju secara teratur ditambah dengan sikat gigi sehabis makan dan sebelum tidur membuat proses pemutihan alami gigi dan penyembuhan lubang gigi semakin cepat. Sedangkan, kandungan kasein – protein utama yang terdapat dalam susu – berfungsi sebagai pelindung gigi.

Ada 4 jenis keju, yaitu cottage, gouda, cheddar putih, dan mozzarella. Keempatnya memiliki kelebihan masing-masing.

Keju Cottage

Keju jenis ini digemari karena kadar lemaknya yang rendah. Para vegetarian juga menggunakan keju cottage sebagai asupan alternatif untuk mengganti asupan daging. Nutrisi yang terkandung didalamnya antara lain protein, natrium, kalsium, dan vitamin B.

Keju Gouda

Keju gouda memiliki kelebihan dalam mempercantik diri. Kandungan vitamin A dan mineral didalamnya mampu menjaga kesehatan tubuh, kulit, dan rambut. Jenis keju ini juga baik untuk memperkuat gigi.

Keju Mozzarella

Mozzarella terbuat dari susu kerbau dan memiliki tempatnya sendiri di kalangan pecinta keju. Bila kita pergi ke restoran yang menyajikan pizza, pasti pilihan mozzarella ada di dalamnya. Keju yang berasal dari Italia ini mengandung protein dan mineral seperti kalsium, fosfor, dan magensium yang dapat memperkuat tulang dan gigi.

Keju Cheddar Putih

Keju cheddar adalah jenis keju yang paling baik untuk kesehatan gigi. cheddar memiliki kandungan alkali. Cara mengkonsumsinya pun cukup mudah, yaitu kita hanya perlu memakan sepotong kecil setelah makan. cheddar juga sering dikonsumsi bersama sandwich atau burger dan harganya tergolong murah. Keju cheddar juga rendah karbohidrat dan kalori, yang berarti kerju ini tidak akan membuat berat badan bertambah.

Demikian ulasan manfaat keju untuk kesehatan gigi kita. Jika kita merasa kebutuhan kalsium kita kurang atau memiliki masalah di gigi, sebaiknya segeralah konsumsi keju secara teratur mulai dari sekarang. Salam gigi sehat.

Sumber foto: http://www.sxc.hu/

Share Button