cook cutting fish

Manfaat Ikan Dan Seafood Bagi Tubuh

Share Button

cook cutting fish

 

Apa saja manfaat ikan dan seafood bagi tubuh kita?

Ikan mengandung Omega 3 yang sangat baik dikonsumsi, terutama untuk kesehatan otak, jantung, dan mata. Anak-anak yang sering mengkonsumsi Omega 3 juga dipercaya akan meningkatkan kecerdasan otak dan kemampuan memorinya. Tidak hanya bagi anak-anak, orang dewasa yang rutin mengkonsumsi omega 3 pun akan mencegah dari kepikunan.

Mengkonsumsi ikan secara teratur akan meningkatkan kualitas produksi sperma pada pria, karena protein yang ada pada ikan aman dikonsumsi kapan saja, baik pagi, siang, atau malam.

Ikan juga berfungsi dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, memperbaiki fungsi pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan mencegah terjadinya penggumpalan darah yang dapat berujung kepada stroke.

Peneliti sangat menyarankan untuk mengkonsumsi ikan bersisik dibandingkan ikan tidak bersisik, hal ini berkaitan dengan kandungan khusus (akilgliserol) yang dikandung ikan bersisik yang dapat menghambat masuknya merkuri dalam tubuh ikan.

Namun, bukan berarti ikan yang tidak memiliki sisik tidak mempunyai nutrisi, namun, lebih ditekankan disini adalah lebih baik untuk mencegah resiko terkandungnya merkuri dalam ikan tidak bersisik dengan mengalihkan kepada jenis-jenis ikan yang memiliki sisik. Disarankan kita tidak hanya memilih makanan sesuai dengan apa yang dikandung tapi juga resiko yang dari kandungan zat-zat lain dalam makanan tersebut, jika ada alternatif makanan lain yang lebih aman maka pilihlah makanan terbaik yang memiliki resiko yang kecil.

Sedangkan seafood sendiri mengandung omega 3, asam lemak tak jenuh ganda, EPA, DHA. Ini adalah sebagian manfaat ikan dan seafood bagi tubuh yang sangat baik untuk mencegah osteoporosis, menurunkan tekanan darah, serta dapat membantu mengurangi berat badan.

Namun, mengkonsumsi seafood juga harus dibatasi kadarnya, faktanya lobster atau udang-udangan serta kerang-kerangan di perairan laut lepas mereka berguna sebagai filter atau penyaring semua racun yang dikirim dari sungai, bahkan di pabrik-pabrik besar, mereka diletakkan di dalam wadah pembersihan limbah karena mereka sangat bermanfaat dalam menyerap kotoran dan racun. Semakin gemuk udang atau kerang tersebut maka semakin banyak racun yang dikandungnya, alat pernafasannya penuh dengan ulat dan logam beracun.

Jika anda merupakan pecinta udang-udangan atau kerang-kerangan, maka anda akan sangat rentan menderita penyakit paru-paru, walaupun anda sendiri bukan merupakan seorang perokok akut.

 Demikian sebagianmanfaat ikan dan seafood bagi tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat yaa..

Share Button