buah naga superred jonggol 24nop2011

Manfaat Buah Naga

Share Button

Pitaya atau lebih sering disebut sebagai buah naga. Buah tropis ini adalah buah yang sangat indah yang memiliki bunga yang mempesona dengan bentuk dan warna yang khas. Buah naga biasanya berwarna merah gelap, meskipun beberapa jenis buah ini berwarna merah muda atau kuning. Kulit buah naga tipis, di tutupi oleh sisik, dan daging buah tersebut bisa berwarna merah atau putih dengan butiran yang manis berwarna merah.

Manfaat Buah Naga

1.  Sebagai Sumber Antioksidan

Buah naga merupakan sumber antioksidan yang baik, mencegah radikal bebas dan melindungi diri dari  kanker dan detriments kesehatan lainnya dari memasuki tubuh Anda. Antioksidan juga berfungsi sebagai anti penuaan dini akibat polusi udara.

2. Menetralkan Racun

Buah ini membantu menetralkan zat-zat beracun seperti logam berat. Selain itu, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol dapat dikurangi dengan mengkonsumsi buah naga.

3. Vitamin C tinggi

Bila Anda mengkonsumsi buah naga secara rutin, maka buah ini dapat membantu mencegah batuk dan asma. Buah ini juga memiliki jumlah tinggi vitamin C yang lebih banyak dari jeruk dan membantu dalam penyembuhan memar dan luka dengan cepat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dalam buah naga membuat buah yang idektik dengan dataran Cina ini dapat digunakan sebagai masker, atau jika dimakan langsung bisa juga untuk mempercantik kulit dari dalam dan menghilangkan bekas jerawat.

4. Kaya Akan Vitamin B2

Vitamin B2 dalam buah naga berfungsi seperti multivitamin dan membantu untuk memperbaiki dan memulihkan hilangnya nafsu makan.

5. Mengandung Vitamin B1

Vitamin B1 dalam buah ini membantu dalam meningkatkan produksi energi dan juga dalam metabolisme tubuh.

6. Mengandung Vitamin B3

Karena kehadiran vitamin B3, membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Ini meningkatkan penampilan kulit Anda dengan menghaluskan dan melembabkan itu. Hal ini meningkatkan penglihatan dan mencegah hipertensi.

7. Sebagai Sumber Fosfor dan Kalsium

Sebagai sumber fosfor dan kalsium yang baik, maka buah naga dapat memperkuat tulang, membantu dalam pembentukan jaringan dan bentuk gigi yang sehat.

8. Mengurangi Kadar Gula

Buah naga juga membantu dalam mengurangi kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes tipe 2.

9. Vitamin A dan Betakaroten Tinggi Pada Buah Naga Super Red

Khusus untuk buah naga super red yang memiliki warna merah pekat, ada kandungan vitamin A serta betakaroten yang sangat tinggi. Vitamin A dan betakaroten sangat bagus untuk kesehatan mata dan kulit.

 

Ternyata kasiat buah naga yang baik bagi tubuh tidak hanya berasal dari daging buahnya, tapi juga dari kulit dan daunnya. Ekstrak kloroform daun buah naga mengandung senyawa pentacyclic triterpene taraxast-20-ene-3a-ol dan taraxast-12,20(30)-dien-3a-ol yang terbukti menjaga elastisitas pembuluh darah.

Itulah penjelasan mengenai buah naga atau pitaya. Kiranya dengan artikel ini, kita semakin mengenal buah ini dan mulai mengkonsumsinya secara rutin.

Foto oleh : Prayogi Anugrah Adi

Share Button

Republished by Blog Post Promoter