foto piring kosong

Manfaat Berpuasa

Share Button

Berpuasa sudah terbukti sangat baik untuk kesehatan. Berpuasa dapat berfungsi sebagai detoksifikasi karena dapat membuat racun dari dalam tubuh keluar. Selain manfaat detoksifikasi dan memenuhi ibadah bagi mereka yang Muslim, masih banyak lagi manfaat berpuasa.

Berikut adalah manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh: 

1. Baik Bagi Kesehatan Jantung & Pembuluh Darah

Saat kita berpuasa, kadar HDL atau lemak baik dalam tubuh akan meningkat, sementara LDL atau lemah jahat akan berkurang. Hal tersebut dapat menjauhkan anda dari penyakit jantung karena membantu jantung memompa darah lebih optimal. Dengan berkurangnya jumlah lemak jahat, pembuluh darah akan lebih lancar mendistribusikan darah ke seluruh tubuh.

2. Menjaga Emosi

Saat berpuasa kita akan menahan lapar, haus, emosi, dan nafsu selama seharian penuh. Hal ini membuat keadaan psikologis seseorang menjadi lebih tenang dan secara ilmiah akan menurunkan kadar adrenalin dalam tubuh. Minimnya adrenalin akan memberikan efek baik pada tubuh seperti: mencegah pembentukan kolesterol dan kontraksi empedu yang lebih baik dimana hal ini dapat mengurangi resiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak seperti jantung koroner, stroke dan lainnya.

3. Menjauhkan Obesitas

Pengurangan jumlah makanan yang masuk ke tubuh saat berpuasa tentu akan menurunkan berat badan Anda. Dengan berpuasa usus-usus dalam tubuh akan lebih bersih dari sisa-sisa endapan makanan. Jika endapan makanan terus berada dalam tubuh, endapan tersebut lama kelamaan akan berubah menjadi lemak diperut. Selain itu berpuasa juga memperbaiki sistem pencernaan Anda, sehingga sirkulasi makanan dan buang air menjadi lebih lancar.

4. Kekebalan Tubuh yang Meningkat

Puasa tidak akan membuat tubuh Anda menjagi lemas, mudah lelah, atau bahkan pingsan. Justru sebaliknya, ternyata puasa justru meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini didukung oleh penelitian yang bahkan sudah umum, yaitu mengenai: Ketika seorang berpuasa maka akan terjadi peningkatan Limfosit sampai dengan 10 kali lipat dalam tubuhnya, hal ini memberikan pengaruh yang besar terhadap sistem imunitas tubuh, sehingga puasa justru menghindarkan kita dari berbagai virus dari lingkungan luar/makanan yang tidak baik.

5. Sehat Bagi Ginjal

Ginjal merupakan penyaring zat berbahaya apapun yang kita makan dan minum dan berpuasa membuat ginjal semakin sehat. Fungsi ginjal akan maksimal bila kekuatan osmosis urin mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air, dan satu-satunya cara adalah dengan mengurangi asupan air yaitu ketika berpuasa.

 

Sumber Foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter