Manfaat Beras Merah Untuk Tubuh Lebih Sehat

Share Button

Manfaat beras merah sudah banyak dikenal orang sejak dulu. Berapa kali anda pernah memakan beras merah dalam hidup anda? Mungkin bisa di hitung dengan jari atau mungkin tidak pernah sama sekali. Selama ini memang kita sudah terbiasa memakan beras putih sejak kita kecil. Ini juga di karenakan beras putih mudah di dapat di sekitar kita dan harganya terjangkau.

Apa Saja Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Tubuh?
Tapi pernahkah terpikir oleh kita jika beras merah memberi manfaat lebih daripada beras putih biasa? Ternyata di setiap butir beras merah mengandung kandungan serat dan vitamin (B6, B12, B1), yang jauh lebih tinggi daripada beras putih. Seperti kita ketahui bahwa serat sangat berguna bagi tubuh manusia, seperti membantu proses pencernaan sehingga memudahkan BAB, mengikat lemak dan zat gula di dalam usus dan membuangnya, sehingga akan menghindarkan kita dari resiko diabetes, obesitas dan berbagai macam penyakit pencernaan, salah satunya adalah sembelit.

Tak kalah dengan kandungan serat di dalamnya, beras merah juga unggul dalam hal kandungan vitamin  seperti vitamin B6, B12 dan B1. Apa saja manfaat vitamin-vitamin ini bagi tubuh kita?  Vitamin B secara umum membantu dalam hal metabolisme, mengubah zat di dalam makanan seperti protein dan karbohidrat menjadi energi, memperbaiki daya tahan tubuh dll.
Tak hanya memiliki nilai lebih karena keunggulan unsur serat dan vitamin B nya, tapi juga karena setiap butir beras merah di klaim mengandung lebih banyak selenium dan fosfor. Yang kandungan ini mengurangi resiko penuaan dini atau berbagai penyakit kanker yang sangat berbahaya.

Jadi tak salah lagi jika banyak ahli gizi untuk menyarankan lebih sering mengkonsumsi beras merah karena baik untuk kesehatan.

Optimalkan Manfaat Beras Merah Melalui Cara pengolahan Yang Benar

Bagi anda yang sudah terbiasa mengkonsumsi beras putih, tentu merubah kebiasaan memakan beras putih sedari kita kecil bukanlah perkara yang gampang, jadi sebaiknya memulainya secara perlahan-lahan, hingga anda mulai terbiasa mengkonsumsinya. Agar kebiasaan baru anda yaitu mengkonsumsi beras merah terasa lebih menyenangkan dan menyehatkan anda perlu mengetahui bagaimana cara yang baik mengolah beras merah agar kita bisa mengoptimalkan  manfaatnya.

– Pilih beras merah organik, agar lebih sehat

– Beralihlah secara perlahan, yaitu anda bisa mencampurkan beras putih yang biasa anda konsumsi dengan beras merah, perbandingannya bisa 2:1, selanjutnya 1:1, begitu seterusnya hingga akhirnya anda total menggantinya.

– Karena proses memasak beras merah lebih lama daripada beras putih, maka saat memasak takarannya 2 kali lebih banyak dari memasak beras putih, agar nasi beras merah masak dengan sempurna.

– Sebaiknya masak beras merah dengan cara di dandang atau di kukus agar kandungan gizinya tetap terjaga.

Jadi jika anda ingin merasakan manfaat beras merah, tunggu apalagi? yuk kita rubah kebiasaan mengkonsumsi beras putih dengan beras merah, agar tubuh lebih sehat.

Share Button

Republished by Blog Post Promoter