Foto stetoskop

Makanan untuk Penderita Hipertensi

Share Button

Foto stetoskopBerikut kami paparkan makanan apa saja yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

  1. Kedelai, karena mengandung kadar isoflavon yang sangat penting untuk menurunkan tekanan darah.
  2. Kecang-kacangan, seperti kacang tanah, almond, kacang merah yang mengandung magnesium dan potasium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.
  3. Biji Kuaci tawar, karena mengandung magnesium yang sangat tinggi serta fitosterol yang dapat mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol tinggi merupakans alah satu faktor yang menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah yang dapat memicu stroke. Namun, pilihlah kuaci original yang tidak diberi tambahan penyedapa dan garam.
  4. Alpukat, karena memiliki asam oleat yang membantu mengurangi kolesterol, selain itu, kandungan kalium dan asam folat di dalamnya sangat berguna untuk kesehatan jantung.
  5. Pisang, karena memiliki kadar kalium yang tinggi juga dapat menstabilkan tekanan darah.
  6. Buncis, mengandung potasium yang dapat mengurangi tekanan darah.
  7. Bayam, magnesium yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk mengontrol tekanna darah dan mencegah penyakit jantung. Kandungan folat di dalamnya juga membantu melindungi tibuh dari homosistein yang memproduksi bahan kimi berbahaya. Penelitian menunjukkan tingkat tinggi asam amino (homosistein) dapat memunculkan serangan jantung dan stroke.
  8. Kentang, dapat menurunkan tekanan darah jika diolah dengan benar, jangan sesekali menggorangnya tau menambahkan keju atau mentega diatasnya karena malah dapat meningkatkan kolesterol di dalam darah.
  9. Ikan, mengandung omega 3 yang tinggi yang berguna untuk mengurangi penyakit kardiovaskuler, nikmatilah ikan dengan cara yang sehat, jangan menggorengnya, melainkan dikukus, ditumis, atau dipanggang.Sumber Foto : www.qualitystockphotos.com
Share Button