Batasi Konsumsi Gula

Makanan untuk Penderita Diabetes

Share Button

Batasi Konsumsi GulaApa saja makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes? Berikut paparannya.

Makanan Kaya Serat

Penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi asupan serat mereka 24-50 gram per hari memiliki perbaikan signifikan dalam kadar gula darah di dalam tubuh. Bahkan diet serat sama efektifnya dengan mengkonsumsi obat-obatan untuk penyakit diabetes. Cobalah untuk mengkonsumsi minimal 13 porsi serat setiap harinya yang berasal dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, beras merah, gandum, sereal, dan roti.

Apel

Riset menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi apel dan makanan lain yang tinggi kuersetin seperti pada bawang, tomat, sayuran berdaun hijau, dan buah beri memiliki resiko 20% lebih sedikit menderita diabetes dan kematian akibat serangan jantung.

Jeruk

Faktanya orang yang menderita diabetes memiliki tingkat vitamin C yang lebih rendah daripada orang normal. Banyak orang yang lebih memilih sumber vitamin c yang ada pada pil sebagai alternatifnya, memang benar vitam,in c dari pil lebih cepat diserap oleh tubuh dibandingkan sumber c alami, namun mengingat buah rendah akan lemak, tinggi serat, dan memberikan banyak nutrisi sehat lainnya, buah jeruk merupakan pilihan yang lebih baik yang memberikan nutrisi kompleks pada tubuh.

Bayam

Pada dasarnya semua sayuran berdaun hijau mempunyai sumber lutein dan karotenoid yang baik untuk mata. Ini sangat baik dikonsumsi karena kecenderungan orang yang menderita diabetes memiliki masalah dengan penglihatan akibat komplikasi dari penyakit ini. Selain itu, bayam juga kaya akan serat, vitamin B, zat besi, kalsium, dan vitamin c.

Teh Hijau

Berkurangnya kemampuan tubuh untuk menyerap gula di dalam darah salah satu faktornya adalah karena adanya peradangan kronis  yang disebabkan oleh makanan tinggi lemak, kurang olahraga, terlalu sedikit makan buah, sayuran, dan lemak baik. Solusi terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur karena teh hijau mengandung flavanoid sebagai anti peradangan.

Kayu Manis

Jika anda megkonsumsi ½ sendok teh kayu manis setiap hari, sel-sel tubuh akan lebih sensitif terhadap insulin, mereka kan lebih aktif dalam mengubah gula menjadi energi dan perbaikan dalam fungsi jantung. Jadi, cobalah untuk menaburi kayu manis di atas makanan atau minuman anda.

Dark Chocolate

Cokelat hitam dapat meningkatkan sensitivitas sel  terhadap insulin, hal ini sangat baik dalam mencegah dan mengobati diabetes tipe 2, selain itu coklat hitam ini juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi kolesterol jahat, dan memperbaiki fungsi pembuluh darah. Namun, tetap konsumsi dalam jumlah yang dibatasi, makanlah sesekali sebagai cemilan, karena dark chocolate juga mengandung banyak lemak dan kalori.

Steak

Steak mengandung senyawa  yang berasal dari lemak daging sapi yang disebut Conjugated Linoleic Acid (CLA) yang bekerja untuk memperbaiki metabolisme gula yang bermasalah di dalam tubuh dan memiliki sifat antikanker.

Salmon

Orang yang menderita penyakit diabetes memiliki kecenderungan terserang penyakit jantung dua kali lebih beresiko dibandingkan orang normal. Omega 3 yang dikandung dalam ikan salmon dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang menyumbat arteri dan sekaligus dapat meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

Sumber Foto : www.qualitystockphotos.com

Share Button