foto-otak-di-atas-kotak-300x300

Makanan Super Peningkat Kerja Otak

Share Button

foto-otak-di-atas-kotak-300x300Untuk mendapatkan gerak tubuh yang cepat tanggap dan maksimal, dibutuhkan asupan makanan yang baik untuk otak. Nutrisi bagi otak akan membuat otak mampu bereaksi dengan lingkungan sekitar, meningkatkan daya ingat, dan mengoptimalkan fungsi otak. Makanan yang tepat juga bisa mencegah kepikunan dini ketika Anda memasuki usia lanjut.

Ada dua jenis makanan yang dipercaya paling optimal memberikan nutrisi kepada otak yaitu ikan dan berry. Beberapa sumber lain seperti kafein dan gula juga termasuk ke dalam kategori bahan makanan yang dapat meningkatkan kinerja otak.

Kafein cipercaya dapat membantu seseorang meningkatkan konsentrasi. Kafein dapat didapat melalui berbagai produk seperti cokelat, minuman berenergi, kopi, dan teh. Akan tetapi efek yang diberikan oleh kafein hanyalah sesaat dan apabila dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan banyak penyakit. Sementara untuk gula (glukosa), yang didapat melalui karbohidrat juga memberikan manfaat jangka pendek bagi otak seperti meningkatkan daya ingat, kemampuan berfikir, dan kemampuan mental.

Namun Anda tidak perlu khawatir, selain dua sumber tersebut masih ada beberapa makanan lain yang dapat meningkatkan kinerja otak. Contohnya adalah ikan, kandungan omega-3 yang tinggi adalah kunci dari otak sehat. Bahkan, konsumsi ikan secara rutin dapat mencegah struk, kepikunan, dan mencegah melemahnya kinerja otak. Selain itu, seperti yang sudah dikatakan di awal, banyak jenis berry yang mampu meningkatkan kinerja otak, yang terbaik adalah blueberry. Blueberry dikenal sebagai buah anti radikal bebas dan mencegah penuaan dini, dia juga mampu mencegah penyakit seperti Alzheimer.

Seluruh makanan di atas akan semakin terasa manfaatnya apabila dikonsumsi pada pagi hari. Penelitian telah membuktikan bahwa sarapan dapat meningkatkan memori jangka pendek dan meningkatkan kepekaan otak.

Tips lain yang dapat membantu Anda meningkatkan kinerja otak adalah dengan tidur cukup, minum cukup air, melakukan olahraga atau kegiatan yang dapat meningkatkan kinerja otak seperti catur, dan melakukan relaksasi.

Share Button

Republished by Blog Post Promoter