Makanan Sehat

Share Button

Ingin Tetap Sehat Dan Berumur Panjang? Pilih Makanan Sehat!

Makanan sehat seharusnya menjadi perhatian utama kita agar dapat kita konsumsi setiap hari. Saat sekarang ini banyak orang tidak lagi peduli dengan makanan yang mereka makan, apakah makanan tersebut menyehatkan atau tidak, yang penting makanan tersebut enak dan mengenyangkan. Makanan yang enak tidak berarti makanan itu menyehatkan. Makanan yang sehat juga tidak berarti harus mahal dan susah pengolahannya.

Seperti Apakah Makanan Sehat Itu?

Tidak di pungkiri lagi, karena tuntutan pekerjaan dan kesibukan yang begitu menyita waktu yang membuat sebagian orang lebih memilih sesuatu yang praktis, termasuk makanan yang mereka makan.

Orang lebih cenderung memilih makanan praktis siap saji yang tak repot pengolahannya. Padahal sebagian besar makan cepat saji bukanlah tergolong makanan yang menyehatkan, malah banyak kandungan di dalamnya yang berdampak buruk terhadap kesehatan, seperti pengawet, pewarna buatan , MSG, pemanis buatan dll. Jadi apa sebenarnya yang di maksud dengan makanan yang menyehatkan?

Pernahkan anda mendengar istilah empat sehat lima sempurna? Suatu makanan di sebut sehat jika di dalamnya sudah terkandung nutrisi yang di perlukan tubuh seperti protein, karbohidrat, vitamin, mineral, lemak, serat dll. Tidak hanya kandungannya tapi juga bagaimana pengolahannya.Makanan yang di sebut sehat juga tidak mengandung zat-zat yang bisa membahayakan tubuh.

Bagaimana Memilih Makanan Sehat Yang Bernutrisi

Jika anda sudah tahu betapa pentingnya memilih makanan yang menyehatkan, maka anda juga perlu tahu bagaimana menilai suatu makanan tersebut sebagai makanan yang sehat atau tidak. Pastikan makanan yang anda makan mengandung unsur-unsur penting yang di perlukan tubuh, yaitu:

– Karbohidrat

Karbohidrat adalah sebagai sumber energy bagi manusia, makanan yang mengandung karbohidrat seperti beras, gandum, ubi, dll – Protein Protein di perlukan untuk mendukung metabolism di dalam tubuh, makanan yang banyak mengandung protein adalah, telur, susu, kacang-kacangan, ikan dll

– Lemak

Lemak di dalam tubuh berfungsi sebagai cadangan energi, melindungi organ vital di dalam tubuh akibat guncangan, melindungi tubuh dari perubahan suhu dll, kandungan lemak yang baik adalah lemak tak jenuh yang biasanya terdapat pada biji wijen, kuaci (biji bunga matahari), buah alpukat, dll

– Vitamin

Vitamin sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, biasanya terdapat pada jenis buah-buahan dan sayur-sayuran – Serat Serat berguna untuk membantu memperlancar pencernaan, dan membuang sisa-sisa lemak dan zat gula yang berbahaya dalam tubuh, seta ini banyak terdapat pada gandum, rumput laut, buah dan sayuran.

– Mineral

Mineral penting untuk membangun struktur tubuh dan sebagai pengaktif kerja enzim dan hormon, jenis mineral seperti kalsium, zat besi, fosfor dll, banyak terdapat pada keju, susu, dll.

Jadi jika ingin tubuh tetap sehat dan panjang umur maka makanlah hanya makanan sehat yang mengandung nutrisi lengkap dan bebas zat berbahaya.

Share Button