Makanan Sehat yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Makanan Sehat yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Share Button

Bisakah Anda menurunkan kadar kolesterol dengan mengonsumsi semangkuk oatmeal di pagi hari dan segenggam kacang mede di sore hari? Tentu saja bisa. Karena diet memiliki efek samping yang luar biasa untuk menurunkan kadar kolesterol Anda. Tapi tentu saja Anda tidak bisa hanya memakan sedikit makanan seperti itu karena tubuh juga memerlukan nutrisi lainnya untuk bisa beraktifitas. Apa saja makanan sehat yang dapat menurunkan kadar kolesterol?

Menurunkan jumlah lemak tidak sehat yang dimakan merupakan salah satu cara menurunkan kadar kolesterol tubuh. Berikut ini beberapa makanan yang bisa membantu Anda menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kinerja jantung Anda.

1. Ikan berlemak. Ikan seperti tuna, salmon, herring atau jenis ikan berlemak lainnya dipercaya tidak mengandung lemak jahat. Jenis ikan ini mengandung trigliserin rendah, bentuk lemak lain yang ada di dalam tubuh yang bisa dideteksi dengan tes kolesterol di klinik medis. Jenis lemak ini membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Tapi mengonsumsi terlalu banyak ikan berlemak ini juga bisa membuat berat badan bertambah, tergantung dari bagaimana Anda memasak ikan ini. Tuna dalam kaleng dicampur dengan salad sayuran adalah baik tetapi tuna dalam kaleng dicampur dengan mayonnaise penuh lemak tidaklah baik.

2. Mengonsumsi kacang adalah tips makanan sehat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.  Banyak jenis kacang seperti almond, hazelnut, kacang kedelai dan walnut diyakini bisa menurunkan trigliserin dalam darah. Seperti ikan berlemak, kacang juga mengandung zat yang dikonversikan ke dalam asam lemak omega 3 yang dikenal dengan nama EPA dan DHA. Kacang juga merupakan sumber serat dimana sekitar satu setengah ons kacang per hari akanmenurunkan risiko terkena serangan jantung pada manusia.

3. Selain dua jenis makanan di atas, oatmeal, minyak zaitun dan makanan yang diperkaya sterol sangat membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Semoga beberapa jenis makanan yang disebutkan tadi merupakan tips makanan sehat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Semoga terbantu dan semakin sehat.

 

Share Button

Republished by Blog Post Promoter