Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

Peyakit diabetes mellitus atau biasa disebut dengan penyakit kencing manis dapat diketahui dengan gejala sebagai berikut, penderita akan buang air kecil lebih sering terutama pada malam hari dan dengan volume yang besar. Karena terus menerus buang air maka akan kehilangan banyak cairan yang membuat penderita merasa cepat haus dan ingin minum banyak air. Dan penderita akan mengalami lemas karena insulin tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika gejala tersebut sudah mulai terasa, segeralah kunjungi dokter dan aturlah asupan makanan untuk memperkecil kemungkinan semakin parahnya diabetes mellitus. Makanan sehat untuk penderita diabetes diantaranya adalah kacang, sayuran berwarna hijau tua, ubi jalar, kentang, berries, susu, gandum dan ikan salmon.

Kacang adalah sumber protein, sumber serat dan sumber kalium serta magnesium.Kacang akan lebih bagus apabila dikosumsinya dengan cara dikukus karena zat gizinya masih tersimpan dan tidak menggandung minyak seperti halnya ketika kacang digoreng.

Makanan sehat untuk penderita diabetes berikutnya adalah sayuran berdaun hijau tua. Dalam sayur ini apabila dimasak dengan tepat atau dimaak dalam kondisi segar akan banyak nutrisi yang bisa diperoleh. Seperti kalsium, vitamin a dan vitamin E disamping serat tentunya. Dalam memilih sayuran hijau tua, pilihlah yang berlubang bekas gigitan ulat, karena sayuran jenis ini bisa dipastikan tidak menggunakan pestisida dalam perawatannya. Sehingga lebih aman dikonsumsi bagi tubuh.

Jika mengonsumsi nasi, terutama nasi yang baru matang akan memberi banyak kandungan gula maka pola konsumsi karbohidrat dapat dialihkan pada ubi jalar dan kentang. Ubi jalar banyak pula mengandung serat dan vitamin A yang diperlukan dalam pencernaan dan kesehatan mata diamping kadar gula yang lebih rendah.

Makanan sehat untuk penderita diabetes selanjutnya adalah ikan. Ikan mengandung omega 3 yang tinggi. Beberapa jenis ikan yang baik dikonsumsi adalah ikan salmon, ikan cod, teri dan sarden. Disamping mengonsumsi makanan sehat tersebut, dianjurkan penderita diabetes untuk olahraga secara teratur, misalnya dengan berjalan kaki dan bersepeda di pagi hari. Tentu saja dengan pengendalian emosi pula karena emosi yang tinggi akan memperparah kondisi kesehatan seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>