Foto ayam segar

Makanan Segar atau Makanan Beku?

Share Button

Apabila Anda ditanya mana yang lebih baik, makanan yang masih segar atau yang sudah dibekukan? Pasti kebanyakan akan menjawab makanan segar yang jauh lebih sehat. Namun tidak secepat itu, semuanya tergantung pada makanan apa yang kita bicarakan.

Sebuah penelitian di salah satu universitas di Australia ternyata membuktikan, beberapa makanan jauh lebih baik apabila dikonsumsi setelah dibekukan atau masuk ke dalam kulkas dibanding saat masih segar. Mereka meneliti beberapa sayuran seperti wortel, jagung, kembang kol, serta daging. Ternyata, kandungan kalsium dan potasium pada sayuran segar tidak jauh berbeda dengan sayuran beku, namun kandungan vitamin C dalam sayuran yang dibekukan ternyata mencapai dua kali lipat lebih tinggi dibanding sayuran segar. Sementara pada daging, kandungan protein, magnesium, dan zat besi jauh lebih tinggi pada daging yang masih beku. Sayuran seperti brokoli contohnya akan mengandung vitamin C dan beta karoten lebih tinggi setelah tiga hari berada di dalam kulkas atau kandungan polifenol dan anthocyanins dalam blueberry juga meningkat setelah tiga hari berada dalam kulkas.

Contoh lain terdapat pada pisang, pisang yang dikatakan masih fresh sebenarnya masih berwana hijau, atau belum matang. Proses pengemasan dan pengiriman lah yang membuat pisang menjadi matang dan bernutrisi tinggi. Namun, proses setelah itu, seperti saat penjualan, akan mengurangi nutrisi dalam pisang sebesar 50%. Berbeda halnya ketika sayuran atau buah dimasukan ke dalam pendingin. Suhu dingin akan membuat nutrisi dalam makanan terkunci sehingga mengandung nutrisi yang lebih baik dibanding makanan yang tidak dimasukan ke pendingin.

Namun perlu diperhatikan bahwa makanan yang terlalu lama berada dalam kulkas dan tidak dikonsumsi akan mengalami deteriorasi. Deteriorasi adalah penurunan mutu atau kerusakan makanan yang diakibatkan beberapa hal seperti pembusukan, timbulnya penyakit, atau benturan pada suatu makanan. Seluruh kerusakan ini akan membuat makanan kehilangan nutrisinya atau bahkan menjadi beracun. Jadi Anda perlu perhatikan berapa lama batas makanan untuk berada di dalam kulkas agar nutrisi yang Anda dapat adalah nutrisi maksimal dari makanan tersebut.

 

Sumber foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button