foto pria demam

Makanan Paling Ampuh untuk Melawan Demam!

Share Button

Musim hujan masih terus melanda Indonesia khususnya pulau Jawa dan sekitarnya. Dalam seminggu hujan bisa turun hampir 5 hari dengan curah hujan yang deras. Apabila daya tahan tubuh tidak optimal, penyakit seperti demam dan flu pasti sangat mudah menyerang Anda. Bila sudah seperti itu, aktivitas akan terganggu dan kita hanya bisa diam dirumah menunggu tubuh sembuh.

Obat yang tepat 100% ampuh menyembuhkan demam dan flu memang masih belum ditemukan sampai saat ini. Namun, ada beberapa makanan yang telah terbukti secara klinis mampu membuat tubuh Anda membaik lebih cepat. Salah satu yang paling terkenal adalah sup ayam hangat. Orang tua Anda pasti langsung menyediakan semangkuk sup hangat begitu mengetahui Anda sedang terkena demam, ternyata memang tiap bahan dan kandungan yang terdapat dalam sup bisa membuat tubuh merasa lebih cepat sembuh.

Berikut adalah beberapa makanan yang sudah terbukti secara klinis mampu membuah tubuh sembuh dari demam lebih cepat:

Sup Ayam

Yap, seperti yang dibahas di awal, sup ayam adalah makanan yang paling ampuh mengusir demam. Sup ayam berfungsi sebagai anti-inflamasi. Saat proses pemasakan, daging ayam mengeluarkan senyawa bernama acetylcysteine, yang biasa digunakan untuk menyembuhkan mereka yang menderita bronkitis. Dengan begini tenggorokan dan paru-paru Anda akan tetap terjaga kesehatannya. Suhu dari kaldu atau kuah yang panas juga akan membuat lendir atau ingus hilang.

Air dan Madu

Saat demam, cara termudah untuk sembuh adalah menjaga hidrasi tubuh. Air mineral, jus, kaldu bening, dan madu dapat membantu Anda tetap terhidrasi dengan baik dan mencegah pemampatan pernafasan. Namun tetap, Anda harus menghindari alkohol, kopi, dan kafein ketika demam karena akan membuat Anda mudah dehidrasi.

Cabai dan Bawang Putih

Bawang putih dan cabai bisa menjadi dua bumbu yang akan menjadi teman baik Anda ketika Anda demam. Dalam bawang putih terdapat senyama kimia bernama allicin, dimana dalam penelitian dibuktikan mampu berfungsi untuk melawan virus penyebab flu dan demam, serta mencegah penularannya.

Untuk cabai, terdapat capsaicin yang ampuh untuk melawan demam. Perlu diketahui bahwa capsaisin adalah senyawa kimia mirip minyak yang membuat cabai terasa pedas. Saat masuk ke dalam tubuh capsaisin akan menstimulasi sistem air mata dan pernafasan agar lebih optimal bekerja sehingga kedua saluran tersebut selalu bersih. Capsaisin juga dikenal sebagai zat antikanker loh.

Itu tadi beberapa makanan dan minuman yang paling ampuh untuk mengobati dan mencegah demam. Perangi virus demam dengan selalu menjaga kesehatan tubuh dari sekarang. Selamat beraktivitas!

 

Sumber foto : http://KumpulanFotoGratis.com

Share Button

Republished by Blog Post Promoter