Lindungi Mata Dari Sinar Ultraviolet (UV)

Share Button

Bukan hanya kulit yang wajib dilindungi dari sinar ultraviolet (UV) yang dipancarkan oleh sinar matahari, mata pun ternyata harus dihindarkan dari paparan sinar UV berlebih.

Beberapa studi yang dilakukan membuktikan bahwa paparan sinar matahari cerah dapat meningkatkan resiko katarak, degenerasi makula terkait usia dan bahkan kanker mata. Resiko yang sama juga berlaku jika terkena paparan sinar UV buatan di dalam ruangan, contohnya yang berasal dari tanning bed.

Menurut Michael Kutryb, MD, seorang dokter mata asal Florida dan juga koresponden klinis untuk American Academy of Ophthalmology, radiasi UV, baik dari sinar matahari alami atau sinar buatan dalam ruangan, dapat merusak jaringan permukaan mata serta kornea dan lensa. Namun, banyak orang yang belum sadar akan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh sinar UV pada mata. Menggunakan pelindung mata, seperti kacamata hitam berlensa anti-UV sedari dini tentunya akan mengurangi resiko gangguan dan penyakit yang berpotensi membutakan mata.

Beberapa tips yang berguna untuk melindungi mata dari sinar matahari

  • Pilih kacamata yang memiliki lapisan anti-UV. Jangan tertipu oleh warna atau harganya. Kemampuan kacamata untuk menghalangi sinar UV tidak tergantung pada label harga atau seberapa gelap lensanya.
  • Pastikan kacamata yang dipilih dapat menghalangi 100 persen sinar UVA dan UVB.
  • Pilih kacamata dengan model yang menutupi seluruh area mata, sehingga sinar matahari tidak bisa masuk dari samping.
  • Gunakan topi sebagai pelindung tambahan di samping kacamata . Topi bertepi lebar memberikan perlindungan terbaik untuk mata.
  • Jangan mengandalkan lensa kontak. Tetap gunakan kacamata hitam bahkan jika lensa kontak memiliki perlindungan UV.
  • Sinar matahari dapat menembus awan yang tipis. Kerusakan mata akibat sinar matahari dapat terjadi kapan saja sepanjang tahun. Jadi, pastikan untuk memakai kacamata hitam setiap kali berada di luar.
  • Jangan pernah melihat langsung ke matahari, termasuk saat gerhana karena dapat mengakibatkan retinopati solar, yaitu kerusakan pada retina mata akibati radiasi matahari.
  • Hindari paparan sinar UV dari matahari saat mencapai puncaknya pada pukul 10.00 sampai 14.00. Jika terpaksa harus keluar ruangan, ingatlah untuk menggunakan kacamata hitam dan topi.
  • Anak-anak dan anggota keluarga yang lebih tua juga memiliki resiko sama. Lindungi mata mereka dengan topi dan kacamata hitam dari sinar UV saat berada di luar ruangan.

Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Share Button

Republished by Blog Post Promoter