foto kentang goreng

Lebih Sehat Mana? Goreng atau Bakar?

Share Button

Banyak perdebatan tentang manakah metode memasak yang lebih baik? Goreng atau bakar? Perhatian utamanya tentu pada kesehatan makanan yang dihasilkan. Metode memasak tentu saja berdampak langsung kepada kualitas makanan dan kesehatan Anda. Bakar atau panggang dan goreng adalah dua jenis metode memasak yang paling populer sejak dulu. Contoh makanan yang dibakar adalah sate ayam atau ikan bakar yang metode memasaknya hanya menggunakan panas dari arang atau sumber api saja.

Sementara contoh makanan digoreng adalah french fries, telur mata sapi, dan lain-lain yang intinya menempatkan makanan diatas minyak dan wajan kemudian dipanaskan dengan suhu tinggi. Proses penggorengan membuat aroma dari dalam makanan keluar dan membuat makanan menjadi renyah.

GORENG ATAU BAKAR?

Akan tetapi, kualitas dan gizi makanan jauh lebih rendah jika digoreng dibanding di bakar. Beberapa orang kemudian memilih untuk membakar makanannya ketimbang menggorengnya, oleh sebab itu ayam panggang, sate ayam, dan ikan bakar lebih populer saat ini.

Kerugian Metode Menggoreng

Saat sebuah makanan digoreng, makanan tersebut akan menyerap banyak lemak dari minyak. Contohnya adalah ketika Anda menggoreng tempe atau ayam, pasti Anda mengiris permukaan makanan tersebut dengan pisau agar minyak bisa masuk ke dalam dan makanan akan matang merata. Celakanya, ketika dikonsumsi kandungan minyak dan lemak di dalam makanan tersebut akan menaikkan kadar kolesterol Anda. Apabila kolesterol naik, maka pembuluh darah akan menjadi buntu karena menyempit, akibatnya tekanan darah akan meningkat. Bahkan bila dibiarkan dalam jangka waktu panjang, Anda dapat terserang stroke, dan diabetes tipe 2.

Makanan yang digoreng juga menghasilkan kalori lebih tinggi yang berujung pada kenaikan berat badan butuh. Anda bisa lihat bagaimana orang yang berdiet pasti sebisa mungkin menjauhi makanan yang digoreng. Sayur-sayuran juga akan kehilangan vitamin dan mineralnya ketika digoreng. Hal ini dikarenakan suhu yang diperlukan untuk menggoreng sangat tinggi.

Meskipun makanan yang digoreng memiliki tekstur yang lebih renyah, makanan ini lebih susah dicerna oleh tubuh dibanding makanan yang dibakar. Mengapa? Hal ini dikarenakan banyaknya lemak yang diserap makanan saat proses penggorengan. Makanan yang mengandung lemak tinggi akan lebih sulit dicerna sehingga memaksa lambung untuk bekerja lebih keras.

Keuntungan Metore Membakar

Beberapa makanan seperti daging sapi atau daging ayam akan melepaskan lemak yang ada didalamnya saat proses pembakaran/pemanggangan. Itulah sebabnya proses pembakaran lebih sehat dibanding penggorengan, dan lebih aman bagi Anda yang sedang dalam program diet. Makanan yang dipanggang juga mengandung lebih sedikit kalori sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh.

Dengan mengonsumsi makanan yang dibakar, Anda telah meminimalisir berbagai potensi penyakit yang dapat timbul. Selain itu, gizi dari makanan juga tidak terlalu banyak terlepas atau hancur. Hal ini dikarenakan proses pemanggangan memakan waktu lebih sedikit dan membutuhkan suhu yang lebih rendang dibanding menggoreng. Mineral dan vitamin dalam sayuran juga lebih sedikit hilang dibanding saat digoreng.

Sumber Foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter