Asma Inhaler

Kontrol Asma

Share Button

Asma adalah penyakit pernafasan berbahaya yang bila sudah berlangsung terlalu lama dapat mengancam jiwa seseorang. Pencegahan pun menjadi penting agar menghindari Anda dari ancaman yang akan datang. Asma memang belum bisa ditemukan obatnya sampai sekarang, namun bagi Anda yang sudah terkena asma, penyakit ini dapat Anda kontrol melalui beberapa cara.

 

1. Ketahui Penyebab

Penyebab asma pada beberapa pasien terbukti berbeda. Oleh sebab itu, ketika Anda sudah terkena asma pergilah ke dokter untuk mengetahui penyebab spesifik dari jenis asma yang Anda derita. Umumnya asma disebabkan oleh debu, polusi, aroma yang terlalu menyengat, atau pun perubahan suhu secara ekstrim. Setelah Anda mengetahui penyebab spesifiknya, Anda akan lebih mudah mengontrol asma.

2. Kelola Keadaan Pikiran

Pikiran yang buruk dapat menjadi salah satu pemicu kambuh-nya asma. Tekanan pekerjaan atau di sekolah akan memperburuk keadaan asma Anda. Ada banyak cara untuk menjaga agar pikiran Anda selalu dalam keadaan positif. Seperti olahraga, pijat ringan, yoga, konsumsi makanan yang meningkat mood seperti coklat, dan lain-lain.

3. Jaga Keadaan Lingkungan

Para penderita asma harus bisa menjaga keadaan lingkungan rumah se-bersih mungkin. Debu, kotoran, bakteri, dan bau bisa memicu asma untuk kambuh.

Kebersihan ruang makan, kamar mandi, dan tempat tidur harus selalu dijaga. Ruangan lembab, berjamur, tanpa ventilasi adalah sarang dari kotoran dan bakteri. Sering-sering lah membersihkan rumah dan perhatikan sistem ventilasi dan sanitasi dalam rumah.

4. Hindari Semprotan Insektisida

Semprotan pestisida dapat beresiko buruk bagi kesehatan penderita asma. Aroma dan kandungan dalam insektisida dan pestisida dapat mengganggu saluran pernapasan. Dengan menjaga keadaan rumah selalu bersih Anda juga dapat menjauhkan serangga seperti kecoa, nyamuk, dan lalat. Anda juga bisa menggunakan cara lain seperti kapur serangga, atau raket listrik apabila ingin membasmi serangga di rumah.

5. Latih Pernapasan

Saat kambuh, asma membuat penderitanya tidak dapat menarik napas dengan dalam sehingga memerlukan bantuan inhaler. Latih lah terus pernapasan Anda dengan menarik napas dalam-dalam.

6. Jauhi Rokok dan Perokok

Asap rokok bisa menjadi pemicu asma. Jika Anda adalah seorang perokok, jauhi lah sekarang. Jangan mau juga berdekatan dengan perokok karena menjadi perokok pasif juga sama berbahayanya.

7. Imunisasi dan Makanan Penuh Vitamin

Lakukan imunisasi pada tubuh Anda agar tidak terserang flu dan batuk. Juga makan makanan kaya vitamin A, B6, B12, Vitamin C, E, dan omega-3 agar daya tahan tubuh selalu baik.

Sumber Foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter