foto salad kombinasi

Kombinasi Makanan Peningkat Gizi

Share Button

Kombinasi antara makanan A dan makanan B bisa menciptakan rasa yang nikmat. Selain dari segi rasa, kombinasi makanan dapat memberikan Anda manfaat kesehatan melalui perpaduan gizinya. Bahkan beberapa kombinasi makanan akan membuat nilai gizi yang terdapat didalamnya menjadi meningkat berlipat ganda. Contohnya adalah apabila Anda mengkombinasi makanan dengan zat besi tinggi dengan makanan bervitamin C tinggi, maka gizi keduanya akan meningkat dan membawa manfaat lebih baik ke tubuh.foto salad kombinasiBerikut adalah beberapa kombinasi makanan yang dapat meningkatkan kandungan gizi di dalamnya:

1. Zat Besi + Vitamin C

Tahukah Anda bahwa zat besi terdiri dari dua jenis? Jenis pertama disebut heme yang terdapat dalam daging dan seafood, sementara jenis kedua yaitu nonheme terdapat dalam kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau gelap, dan tanaman lain. Namun sayangnya, zat besi nonheme sulit diserap oleh tubuh, sehingga Anda perlu vitamin C untuk membantu penyerapan tersebut. Bahan makanan dengan vitamin C tinggi seperti jeruk, paprika, dan stroberi akan membuat zat besi jenis nonheme lebih mudah diserap oleh tubuh. Cara paling nikmat untuk menyantapnya adalah dengan mencampurkan perasan jeruk atau jeruk nipis ke dalam salad sayuran.

2. Lycopene + Lemak Baik

Lycopene adalah zat pigmen yang memberikan warna merah ke dalam sayuran atau buah, contohnya semangka, tomat, dan jambu biji. Lycopene juga berfungsi sebagai antioksidan atau anti penuaan dini, serta menjaga kesehatan jantung dan mencegah kanker. Lalu apa fungsi dari lemak baik? Lycopene sangat mudah larut dalam lemak, sehingga tubuh Anda akan lebih cepat menyerapnya. Lemak baik atau lemak tak jenuh dapat Anda temui dalam alpukat, kacang tanah, dan kacang kedelai. Anda bisa mencampurkan alpukat dengan tomat untuk mendapat rasa yang nikmat serta gizi yang berlipat ganda agar penyerapan lycopene lebih optimal.

3. Asam Folat + Vitamin B12

Asam folat yang dapat kita temui dalam bayam, lobak cina, kacang polong, sereal, bahkan kuaci menyimpan segudang manfaat. Folat sebenarnya adalah nama lain dari vitamin B9, maka dari itu, sahabat dekatnya vitamin B12, dapat bekerjasama dengan baik terutama untuk memproduksi sel baru. Vitamin B12 dapat dengan mudah Anda temui pada makanan hewani atau yang berasal dari hewan. Cara terbaik untuk mengkombinasi keduanya adalah dengan mencampur omelet telur dengan bayam, rasanya tentu nikmat. Anda juga bisa mencoba menggambungkan salmon di tambah asparagus.

Share Button

Republished by Blog Post Promoter