menjaga kesehatan gigi

Kebiasaan Buruk Bagi Kesehatan Gigi

Share Button

Sedari kecil, seorang anak sudah diajarkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mulai dari pelajaran menggosok gigi memakai pasta gigi rasa buah sampai pelarangan memakan terlalu banyak permen dan es krim.

Namun demikian, ada beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan baik disengaja maupun tidak yang ternyata berpengaruh terhadap kesehatan gigi dan mulut.

Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Bila Ingin Memiliki Gigi Sehat dan Kuat

1. Menyikat gigi terlalu keras.

Asusmsi menyikat makin keras makin bersih ternyata tidak berlaku bagi gigi. Justru sebaliknya, menyikat gigi terlalu keras dapat melukai gusi ataupun menyebabkan gusi turun. Sikatlah gigi dengan tekanan secukupnya, dengan arah sikatan yang benar dan menyeluruh.

2. Menggunakan gigi untuk menyobek kemasan makanan atau membuka tutup botol.

Asyik menonton TV dan malas pergi mencari gunting untuk membuka kemasan makanan kecil biasa menjadi alasan mengapa gigi digunakan sebagai alat bantu membuka kemasan. Atau meniru kesan macho dalam film ketika jagoan membuka tutup botol dengan giginya juga sering dijadikan alasan. Apapun alasan yang diberikan, kebiasaan buruk ini hanya akan merusak struktur gigi.

3. Menggigit-gigit benda keras seperti pensil atau kuku.

Menyalurkan stress atau rasa gugup dengan menggigit-gigit benda keras dapat menyebabkan gigi terkikis atau retaknya struktur gigi.

4. Broxism.

Istilah Broxism mengacu pada perilaku menggesek-gesek gigi pada rahang atas dan rahang bawah. Broxism bisa terjadi secara sadar saat stress atau marah atau menahan dinginnya udara, namun bisa juga terjadi saat tidur. Efek Broxism adalah menjadi

 

tipisnya enamel permukaan gigi dan timbulnya keretakan struktur gigi.

5. Merokok.

Hentikan kebiasaan merokok. Merokok selain memberi efek buruk terhadap paru-paru, juga menyebabkan noda pada gigi dan berpotensi menimbulkan bau mulut.

Share Button

Republished by Blog Post Promoter