cotton bud

Kebersihan dan Kesehatan Telinga

Share Button

Banyak orang mengira menjaga kesehatan dan kebersihan telinga adalah hal yang rumit. Padahal jika kita mengetahui cara yang benar, semua perawatan berawal dari hal simple.

Prof. Richard M. Rosenfeld, MD, dari Long Island College Hospital, Brooklyn, N.Y.  memiliki beberapa saran untuk mencegah gangguan telinga berdasarkan penelitiannya:

  • Istirahatkan telinga Anda jika mendengarkan musik menggunakan headphone.
  • Cari headphone yang memiliki fitur noise-reducing.
  • Jangan duduk atau berdiri terlalu dekat dengan speaker saat konser atau acara tertentu.
  • Bagi para orangtua disarankan agar selalu memperhatikan anaknya agar tidak tertidur saat menggunakan headphone, pastikan volumenya dibawah 60% dari maksimal volume.

Dilihat dari dua contoh di atas, maka ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan telinga.

Lakukan Pemeriksaan Telinga Secara Rutin

Ingat pepatah “mencegah lebih baik dari mengobati”? Banyak orang pergi ke dokter ketika mereka sudah sakit atau merasa ada gangguan di tubuhnya. Sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin agar telinga kita tidak terlanjur menerima masalah yang terlalu besar.

Bersihkan Telinga

Kurang dianjurkan membersihkan telinga menggunakan sogok kuping. Karena hanya akan mendorong kotoran semakin kedalam, dan hanya membersihkan yang dapat terangkat saja. Bersihkanlah telinga hanya bagian luarnya saja (tidak perlu sampai terlalu ke dalam) menggunakan tissue basah.

Sebuah catatan penting bahwa congek atau tahi telinga adalah hal wajar dan bersifat melindungi telinga dari kotoran yang masuk, mencegah iritasi, dan juga infeksi. Tapi jika memang sudah terlalu mengganggu dan terasa harus benar-benar dikeluarkan, cara yang terbaik adalah pergi ke dokter. Dokter memiliki alat khusus yang dapat mengeluarkan seluruh kotoran di kuping dengan aman, jangan ambil resiko melakukannya sendiri menggunakan alat yang dapat merusak telinga.

Jaga Kesehatan Hidung dan Tenggorokan

Pada saat kondisi flu dan batuk, seringkali tenggorokan dan telinga juga ikut terganggu. Hal ini disebabkan ketiganya memiliki saluran yang sama, oleh sebab itu kerusakan pada salah satu saluran akan berdampak pada saluran lain.

Kesehatan telinga sangat penting, terutama untuk menghadapi masa tua agar tidak menyusahkan anggota keluarga lain. Perhatikan kesehatan dan kebersihan kita dan keluarga termasuk anak-anak sejak dini.

Sumber foto: http://www.sxc.hu/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter