sekumpulan kacang hijau

Kebaikan Kacang Hijau

Share Button

Bentuknya kecil, berwarna hijau, bulat, dan sering dijadikan santapan saat suasana dingin, apakah itu? Ya, kacang hijau. Makanan yang sangat terkenal di Indonesia ini sering kali dijadikan sajian bubur kacang hijau dan sering dijual dengan harga murah. Bahan makanan dari India ini dikenal dapat menurunkan panas dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

 1. Sumber Protein

Kacang hijau merupakan salah sumber protein alternatif bagi vegetarian. Dalam 100 gram kacang hijau terdapat kandungan protein sebanyak 7 gram. Protein berguna dalam membantu meregenerasi sel-sel yang mati, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu Anda kenyang lebih lama.

2. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Kandungan vitamin B1 dan enzim aktif pada kacang hijau dapat meningkatkan penyeparan nutrisi secara maksimal. Hal ini akan membuat metabolisme tubuh meningkat.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Kacang hijau mengandung serat tinggi yang berfungsi membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga mengurangi waktu kotoran menumpuk didalam usus, serat juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga efektif untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

4. Sumber Vitamin A

Vitamin A sudah terkenal baik untuk kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga bermanfaat Untuk menjaga dan melindungi kesehatan jaringan tubuh, sehingga mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit.

5. Mengobati Kolesterol

Kacang hijau mampu mengobati kolesterol, karena kandungan lemak tak jenuhnya.

6. Baik untuk Ibu Hamil

Kacang hijau bermanfaat baik untuk ibu yang sedang mengandung. Hal ini dikarenakan kandungan asam folat, vitamin B1 dan B2, kandungan protein, lemak tak jenuh, karbohidrat, kalsium dan fosfor. Selain itu, jika ibu yang sedang hamil mengkonsumsi kacang hijau secara rutin, maka bisa menyuburkan rambut anak saat lahir nantinya.

Sumber Foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter