seaweed

Kandungan dan Gizi Rumput Laut

Share Button

Produk seaweed atau rumput laut kembali naik pamornya akhir-akhir ini. Terutama dengan adanya produk rumput laut (nori) dari Jepang yang dijual di pasar swalayan. Manfaatnya juga bukan main baiknya. Kita mengetahui ada berbagai macam rumput laut, apapun warnanya kandungan nutrisinya penting bagi tubuh.

1. Tidak membuat gemuk

Mengkonsumsi rumput laut setiap hari tidak akan membuat perut kita melar. Justru rumput laut mampu memperlancar buang air besar karena kandungan seratnya. Selain itu rumput laut hanya mengandung 5 sampai 20 kalori.

2. Pengganti garam

Rumput laut kering atau yang lebih sering dikenal dengan nori mengandung kadar garam dari laut cukup banyak. Oleh sebab itu, nori terasa asin, dan dari sana kita bisa menggunakan nori sebagai penambah rasa asin pada sayuran yang masih tawar. Dengan mengganti garam ke nori, resiko tekanan darah tinggi dapat dihindari, begitu juga dengan serangan jantung dan stroke.

3. Pengontrol gula darah

Jika kita memasukkan makanan dari rumput laut ke satu porsi makan siang, kadar gula darah dapat berkurang dari serat yang terkandung dalam rumput laut.

4. Anti Kanker

Sebuah penelitian pernah mencoba menggunakan ekstrak rumput laut untuk menyembuhkan penyakit kanker pada hewan dan berhasil. Walau belum pernah dicoba di manusia, namun perkembangan penelitian yang terus dilakukan pasti bisa menemukan titip temunya.

5. Tinggi nutrisi

Kandungan protein dan yodium yang tinggi dalam rumput laut dibutuhkan kelenjar tiroid untuk menghasilkan hormon pengendali metabolisme tubuh. Mineral seperti zat besi, kalsium, potasium dan magnesium juga terdapat dalam rumput laut.

Jadi beruntunglah anda yang senang mengkonsumsi rumput laut, karena banyak sekali kandungan yang menguntungkan. Patut anda coba!

Sumber foto : http://www.sxc.hu

Share Button

Republished by Blog Post Promoter