breakfast plate with cup and fork on white

Jangan Gabungkan Makanan Ini

Share Button

Berinovasi dengan menu makanan sehari-hari tentu sangat menyenangkan. Selain menghindari rasa bosan terhadap makanan tertentu, inovasi juga bisa membuat Anda menciptakan makanan karya Anda sendiri. Namun Anda perlu tahu bahwa tidak semua makanan bisa inovasi dan dikombinasi dengan makanan lain. Apabila Anda salah mengkombinasikan suatu bahan makanan, justru ada resiko timbulnya reaksi kimia yang bisa beracun dan berbahaya bagi tubuh.

breakfast plate with cup and fork on white

Berikut ini daftar makanan dan minuman yang tidak bisa dikombinasi atau dimakan bersamaan:

1. Udang + Jus Jeruk

Kombinasi pertama yang tidak dianjurkan adalah udang dan jus jeruk. Makanan dan minuman yang mudah kita temui di restoran atau warung makan ini dapat menimbulkan reaksi kimia yang berbahaya bagi hati, ginjal, jantung, usus, dan pembuluh darah Anda. Sebenarnya dua makanan tersebut hanyalah contoh termudah, inti sebenarnya adalah seafood tidak dapat bercampur dengan bahan makanan atau minuman yang mengandung vitamin C. karena kandungan Arsenic Pentoxide (As2O5) dalam seafood apabila bercampur dengan vitamin C akan berubah menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun.

2. Kacang Kedelai + Sayur Bayam

Kombinasi kedua yang mungkin secara tidak sadar sering tersaji di meja makan Anda adalah kedelai dan bayam. Perlu diingat bahwa tempe, tahu, dan kecap merupakan produk hasil olahan kacang kedelai yang apabila bercampur dengan bayam akan menimbulkan senyawa kimia yang berbahaya bagi usus dan penyumbatan di lambung. Di dalam bayam terdapat asam oksalat, sementara dalam kedelai terdapat kalsium, apabila kedua senyawa tersebut bercampur akan terbentuk endapan yang tidak dapat dilarutkan sistem pencernaan yaitu kalsium oksalat.

3. Telur + Susu Kedelai

Kandungan protein yang sangat tinggi dari telur akan sulit diolah apabila Anda meminum susu kedelai di saat bersamaan. Hal ini dikarenakan saat meminum susu kedelai, tubuh akan kehilangan kemampuannya memproses protein akibat terganggunya enzim protease.

4. Daging Merah + Semangka

Semangka adalah salah satu buah pencuci mulut yang paling segar karena kandungan airnya yang tinggi. Namun sayangnya, para ahli gizi tidak menyarankan Anda menyantap semangka setelah mengkonsumsi daging merah seperti daging sapi dan kambing. Kandungan semangka bisa menghambat penyerapan gizi dari daging sehingga kadar gizinya berkurang. Efek lain adalah terganggunya limpa dan sistem pencernaan, termasuk lambung.

Hei, hati-hati buat kalian penggemar seafood, jangan sampai memesan jus jeruk sebagai minuman pendamping makanan Anda ya. Bisa-bisa ginjal dan jantung Anda rusak loh. Seafood seperti udang dan jus jeruk memang dapat beracun bagi mereka yang mengkonsumsinya secara bersamaan. Begitu juga dengan beberapa makanan lain. Yuk simak ulasannya berikut ini agar Anda terhindar dari bahaya kesehatan akibat salah mengkombinasi makanan!

 

Share Button