wanita setelah berolahraga

Ingin Diet Sukses? Hindari Kebiasaan Ini Setelah Makan

Share Button

Menjalani program diet tidak hanya merubah pola makan Anda, tetapi Anda harus merubah seluruh gaya hidup Anda. Mulai dari tidur, olahraga, bahkan sampai mandi, semuanya harus Anda perbaiki guna memaksimalkan program diet Anda. Hal ini dikarenakan ada beberapa kebiasaan yang apabila Anda lakukan secara terus-menerus dapat mengganggu sistem pencernaan Anda terutama beberapa jam setelah Anda makan.

wanita setelah berolahraga

Berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setidaknya sampai satu jam setelah Anda makan :

1. Tidur

Apakah Anda tipe orang yang makan malam tepat sebelum pergi ke tempat tidur? Sebaiknya Anda tinggalkan kebiasaan tersebut. Saat Anda melakukan kebiasaan ini Anda bisa-bisa menderita penyakit heartburn. Heartburn adalah penyakit yang menyebabkan rasa panas di dada dan tenggorokan yang disebabkan oleh asam lambung yang mengalir kembali ke kerongkongan. Saat perut masih penuh dan Anda mulai tiduran, makanan yang ada di perut dapat kembali lagi ke bagian esofagus (kerongkongan) dan menyebabkan heartburn.

2. Olah Raga Berat

Pernahkah Anda menderita sakit di bagian lambung ketika olah raga? Bisa jadi hal tersebut dikarenakan Anda makan terlalu banyak sebelum berolah raga. Tidak hanya itu, Anda juga lebih beresiko terkena keram atau bahkan diare apabila terlalu sering melakukan hal ini. Satu jam setelah makan tubuh akan memproses seluruh makanan yang masuk dengan mengalirkan lebih banyak darah dan oksigen ke sistem pencernaan. Sementara ketika Anda berolahraga, otot Anda tidak akan mendapat aliran darah dan oksigen yang cukup sehingga keram sangat mudah terjadi.

3. Makan Buah

Istilah buah sebagai makanan pencuci mulut tidaklah tepat, karena makan buah tepat setelah Anda makan besar dapat membuat Anda sakit. Buah adalah makanan yang sangat mudah dicerna dan harus secepat mungkin dicerna oleh tubuh. Apabila Anda mengkonsumsi buah setelah makan, bisa jadi buah tersebut akan berada di urutan paling belakang untuk dicerna oleh tubuh. Hal ini akan membuat buah berfermentasi dan mengendap di lambung Anda, membentuk gas, dan membuat lambung tidak nyaman. Sebaiknya Anda makan buah terlebih dahulu atau memakannya 2-3 jam setelah Anda makan besar.

Share Button

Republished by Blog Post Promoter