foto telur ayam

Hindari Telur Saat Diet?

Share Button

Jika saat ini Anda sedang melakukan program diet atau ingin mencoba merubah pola hidup, pasti salah satu makanan yang akan Anda hidari adalah telur. Mengapa? Mungkin karena banyak orang yang mengira bahwa telur adalah salah satu sumber kolesterol, tidam baik untuk jantung, menyebabkan obesitas, dan lain-lain. Namun perlu kami beritahu bahwa semua itu salah, apabila Anda mengenal panganan yang berasal dari ayam ini dengan baik, pasti Anda akan terkejut dengan manfaatnya.

foto telur ayam

Telur pada dasarnya terbagi dari dua bagia yakni putih dan kuning telur. Penyebab mengapa orang berkata telur mengandung banyak kolesterol adalah si kuning telur, sementara si putih telur dapat memberikan Anda segudang manfaat kesehatan. Untuk saran awal kami, jika Anda tetap ingin terus memakan telut tanpa khawatir bahaya kolesterol, Anda bisa pisahkan kuning telurnya dan hanya memakan putih telur saja. Percaya atau tidak, dari 3 putih telur utuh hanya terdapat 50 kalori saja, tanpa lemak, tanpa kolesterol, dan penuh akan protein.

Protein telur berasal dari albumin (sebutan untuk segala jenis protein monomer yang larut dalam air). Protein berfungsi sebagai pembentuk sel baru, apabila Anda juga rajin berolahraga, telur dapat membantu Anda membentuk otot, menjaga tubuh tetap langsung, dan memangkas lemak berlebih.

Seperti dikatakan sebelumnya, putih telur tidak mengandung kolesterol dan renda kalori. Dengan begitu, jantung Anda akan selalu tetap terjaga kesehatannya dan Anda tidak perlu khawatir akan kalori berlebih. Putih telur juga mengandung kolin yang berfungsi sebagai obat tidur alami. Seperti pernah disinggung di artikel kami yang lain, kolin dapat membantu Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Anda akan lebih cepat terlelap saat malam dan bangun dengan keadaan segar bugar.

Hal terakhir yang menakjubkan adalah telur juga kaya akan kalsium, zat besi, dan mineral. Tentu kita mengenal kalsium sebagai zat yang mempu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi bagi anak serta meningkatkan dan menjaga kepadatan tulang plus mencegah osteoporosis. Sementara zat besi sangat baik untuk mengoptimalkan produksi sel darah merah. Untuk mineral, dalam putih telur terdapat fosfor, yodium, dan selenium. Fosfor untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, yodium untuk membentuk hormon tiroid, selenium untuk membantu mengurangi resiko kanker.

Jadi untuk Anda yang memilih gaya hidup sehat, mulai sekarang perlu diingat bahwa telur dengan segala manfaat dalam putih telurnya bukanlah musuh Anda lagi ya. Lanjutkan gaya hidup sehat Anda!

Share Button

Republished by Blog Post Promoter