foto tumpukan coklat

Hidup Sehat dengan Cokelat

Share Button

Cokelat! Makanan yang berasal dari biji kakao sudah lama menjadi primadona makanan manis, tertutama di kalangan anak-anak. Cokelat juga bisa dijadikan bahan utama untuk membuat makanan lain seperti susu, es krim, dan kue. Meski banyak yang mengatakan memakan cokelat secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan, nyatanya ada banyak manfaat dari memakan cokelat bagi kesehatan tubuh. Mari kita simak satu per satu.

 

foto tumpukan coklat1. Makanan Anti Stres

Sudah sering kita dengar manfaat cokelat sebagai mood-booster. Para peneliti pun setuju dengan hal ini, dikarenakan adanya kandungan serotonin yaitu senyawa anti-depresan yang alami. Cokelat juga mampu membuat tubuh memperoduksi hormon endorphin lebih optimal, hormon endphin inilah yang akan membuat Anda merasa bahagia. Hormon ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Mencegah Gigi Rusak

Apakah Anda bingung membaca fakta ini? Yep, nyatanya cokelat mampu mencegah gigi rusak. Kandunga theobromine dalam cokelat secara aktif mencegah kerusakan gigi dengan menghilangkan bakteri yang ada di rongga mulut penyebab gigi rusak bernama streptokokus mutans.

3. Kaya Antioksidan

Flavanol, senyawa yang kita kenal berperan dalam mencegah penuaan dini juga terdapat dalam cokelat. Flavanol berfungsi sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

4. Mengencangkan Kulit

Cokelat sekarang sering digunakan sebagai salah satu bahan membuat masker kulit. Kokoa yang merupakan bahan utama pembuat cokelat dapat membuat kulit lebih halus dan cantik. Cokelat juga berfungsi sebagai pelembab kulit alami sehingga kulit tidak kering.

Nah.. sudah tahu kan kalau ternyata cokelat pun banyak manfaatnya dan bisa menjadi gaya hidup sehat asal tidak berlebihan tentunya 😉

Semoga artikelnya bermanfaat yaa…

Share Button