tidur

Hal yang HARUS dan TIDAK BOLEH Dilakukan Ketika sedang Diet

Share Button

Melakukan program diet memerlukan peraturan yang ketat. Anda harus memulai membuat daftar apa yang harus Anda lakukan dan tidak boleh dilakukan agar diet Anda sukses. Namun sayangnya, banyak mereka yang belum paham mengenai diet salah dalam membuat daftar ini. Kali ini 101GHS akan membantu Anda membuat daftar hal yang harus dan tidak boleh dilakukan ketika sedang diet.

HARUS:

1. Timbang Berat Anda Secara Rutin

Jangan jadikan timbangan sebagai musuh ketika Anda mulai diet. Mereka yang sukses menjalankan program diet justru adalah mereka yang secara rutin menimbang berat badannya. Anda tidak perlu khawatir apabila timbangan Anda menunjukan angka yang tidak konsisten dan naik-turun. Jika berat Anda naik, tandanya Anda harus merombak pola diet Anda dan semakin terpacu untuk menurunkan berat badan. Sementara jika berat Anda turun, Anda hanya perlu melanjutkan program diet yang sudah Anda jalani.

2. Catat Jadwal dan Jenis Makanan Anda

Membuat catatan untuk makanan sama halnya dengan membuat diary. Anda hanya perlu mencatat jam berapa Anda makan dan apa jenis makanannya. Catatan tersebut akan berfungsi sebagai penanda dan melihat pola makan Anda. Dari sana Anda akan dapat membuat sebuah perencanaan jadwal makan, sehingga Anda tidak akan tergoda untuk makan diluar jadwal Anda.

3. Tidur Cukup

tidur

Jika Anda berpikir bahwa tidur membuat Anda gemuk, Anda salah besar. Peneliti berpendapat bahwa tidur adalah salah satu bentuk olahraga alternatif terbaik dibanding sekedar duduk-duduk atau menonton TV. Saat tidur tubuh Anda tetap bekerja, sehingga kalo

ri dalam tubuh tetap terbakar. Ini juga yang menjadi alasan m

engapa setiap bangun tidur biasanya Anda berkeringat. Lebih baik Anda tidur daripada menonton TV sambil memakan camilan bukan?

TIDAK BOLEH:

1. Kurangi Sayuran

Memakan sayuran apapun dalam jumlah sebanyak apapun tidak akan membuat tubuh Anda gemuk. Sayur terdiri dari berbagai nutrisi dan serat, pastinya akan membuat Anda kenyang lebih lama. Memakan sayuran pun tidak akan pernah membosankan, Anda bisa membuat tumis kangkung, bayam goreng, salad, dan jus.

2. Makan Terburu-buru

Jangan pernah makan dengan tempo cepat. Makanlah dengan perlahan sambil menikmati hidangan Anda. Ada sebuah rongga waktu antara mulut+perut Anda dengan otak Anda. Sayangnya perbedaan waktu tersebut berkisar antara 15-20 menit. Hal ini berarti apabila Anda makan besar pada pukul 13.00, maka Anda baru akan merasa kenyang pada pukul 13.20. Padahal sebenarnya perut Anda sudah penuh sejak pukul 13.05. Bayangkan berapa banyak makanan yang masuk ke dalam perut apabila Anda makan dengan tempo cepat mulai pukul 13.05 sampai 13.20.

Share Button