heart attack sign old man

Gejala Fisik Tingginya Kadar Kolesterol di Darah

Share Button

Kolesterol yang tinggi di dalam darah dapat memberikan beberapa gejala atau penanda buruk bagi tubuh, hal ini dapat dijadikan acuan untuk mengantisipasi lebih awal sebelum terjadinya stroke atau serangan jantung. Berikut beberapa tanda-tanda kadar kolesterol tinggi di dalam darah.

1. Tangan dan Kaki Sering Pegal

Hal ini diakibatkan karena kolesterol yang menumpuk dan menyumbat pembuluh darah yang ada di tangan dan kaki, sehingga tangan dan kaki akan terasa nyeri dan pegal.

heart attack sign old man2. Sering Kesemutan

Kesemutan juga merupakan salah satu gejala awal pertanda tingginya kolesterol didalam darah, hal ini menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar, terutama di bagian tangan dan kaki yang juga berkaitan dengan bagian saraf yang tidak mendapatkan aliran darah yang cukup serta diakibatkan juga karena darah yang kental karena tingginya kadar kolesterol.

3. Dada Sebelah Kiri Terasa Nyeri

Dada sebelah kiri berhubungan dengan jantung yang berperan memompa darah ke seluruh tubuh. Aliran darah yang tidak lancar di sekitar jantung menyebabkan rasa nyeri seperti tertusuk. Rasa nyeri ini bahkan bisa menjalar hingga bagian leher. Nyeri dada juga merupakan tanda-tanda terjadinya serangan jantung yang menunjukkan bahwa kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi.

4. Tengkuk dan Pundak Terasa Pegal

Tengkuk dan pundak yang terasa pegal juga merupakan akibat dari aliran darah di pembuluh darah di area tersebut yang tidak lancar, hal ini diakibatkan oleh adanya penyumbatan pembuluh darah karena tingginya kadar kolesterol.

5. Sering Pusing di Bagian Belakang Kepala

Pusing di bagian belakang kepala disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah di area sekitar kepala yang terjadi karena kolesterol mulai membentuk plak di pembuluh darah. Apabila dibiarkan, maka pembuluh darah bisa pecah dan mengakibatkan stroke.

Itulah beberapa gejala fisik yang merupakan tanda awal tingginya kadar kolesterol di dalam darah. Sayangi diri dan tubuh anda sejak dini yaaa…¬† Semoga artikel ini membawa manfaat untuk kita semua.

Share Button