sayuran

Gaya Hidup Sehat Dengan Makanan Organik

Share Button

Mengapa Pilih Makanan Organik?

Ingin hidup sehat? Tentu semua orang akan menjawab iya, tapi hidup sehat seperti apa yang paling anda inginkan? Tentu jawabannya bervariasi dari satu individu ke individu yang lain. Banyak orang sudah mencoba berbagai cara agar tetap menjaga hidupnya tetap sehat yang tentu saja tujuannya agar terhindar dari segala bentuk penyakit, mulai dari berolahraga, menjaga pola makan, menghindari stress, dll. Tapi pernahkah anda membayangkan cara lain yang mudah dan lebih menyehatkan?

Alasan Memilih Gaya Hidup Sehat Dengan Makanan Organik

Tentu anda pernah mendengar tentang makanan organik, yaitu makanan yang berasal dari pertanian atau peternakan yang di tanam dan di pelihara secara alami bebas dari pupuk buatan, hormon tambahan atau insektisida. Dalam proses pemeliharaannya, para petani hanya menggunakan pupuk alami seperti pupuk kandang (berasal dari kotoran hewan) atau kompos (berasal dari tumbuh-tumbuhan/sampah organik), untuk menyuburkan tanaman dan anti hama alami untuk mengusir hama tanaman. Untuk  para peternak organik, mereka hanya memberi makan ternak dengan pakan ternak alami.

Makanan yang di tumbuh kembangkan secara organik terbukti jauh lebih menyehatkan untuk di konsumsi manusia. Mengapa penggunaan bahan kimia dalam pertanian maupun peternakan mengancam kesehatan kita? Ini karena bahan-bahan kimia tersebut akan terserap dan menempel di bahan makanan yang kita makan. Dengan cara apapun, sulit untuk menghilangkan racun yang terserap saat kita mengolahnya menjadi bahan makanan. Sumber makanan yang terkontaminasi zat-zat kimia ini berpotensi besar menimbulkan penyakit jika kita mengkonsumsinya secara terus-menerus., seperti kanker kelainan gen dll.

Dampak Positif Gaya Hidup Sehat Dengan Makanan Organik

Sebenarnya apa dampak nyata dari mengkonsumsi makanan organik? Agar mendapatkan tubuh yang sehat bebas dari penyakit, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang di tepat dan seimbang, nutrisi ini berasal dari makanan sehat yang sehari-hari kita makan. Makanan yang sehat tidak hanya kita nilai dari kandungan yang terdapat di dalam makanan itu saja, tetapi juga harus di lihat dari mana bahan makanan itu berasal dan bagaimana proses pemeliharaannya.

Kebanyakan penyakit yang timbul disebabkan oleh makanan tidak sehat yang kita konsumsi sehari-hari, seperti makanan yang tidak bersih pengolahannya, makanan dengan zat-zat tambahan berlebihan  (pengawet, MSG, pemanis buatan dan pewarna) atau makanan dari pertanian non organik, yang banyak memakai bahan-bahan kimia. Zat-zat asing ini, sebagian besar tidak mampu di tolerir di dalam tubuh, sehingga mengendap dan merusak organ-organ penting di dalam tubuh seperti ginjal, hati, paru-paru, usus dll, tak jarang inilah asal muasal terbentuknya sel-sel abnormal sebagai pencetus berbagai penyakit kanker.

Makanan organik sudah terbukti memberi dampak positif bagi tubuh dan menyehatkan.  Berdasarkan penelitian, makanan organik mampu melawan radikal bebas, meningkatkan antibodi serta mampu memperlambat proses degeneratif atau penuaan.

Gaya Hidup Sehat Dengan Makanan Organik memang terkesan sedikit mahal, tapi kesehatan adalah aset yang jauh lebih mahal.

Share Button