foto ponsel dan headset

Gangguang Kesehatan Akibat Telepon Seluler

Share Button

Kemajuan teknologi ditandai dengan semakin mudahnya kita melakukan sesuatu dengan inovasi-inovasi terbaru. Salah satunya adalah telepon seluler (ponsel), Namun semakin berkembangnya teknologi ponsel justru membuat manusia yang menggunakannya semakin tidak bijak. Bahkan ada pepatah yang mengatakan “Isi dunia saat ini hanyalah smartphone dan orang bodoh”. Maksudnya adalah manusia sekarang menjadi terlalu tergantung dengan ponselnya dan menjadi malas.

Pemakaian ponsel secara tidak bijak dapat menimbulkan kelainan di kesehatan Anda. Berikut ini beberapa risiko kesehatan yang mungkin timbul akibat tidak bijaknya penggunaan ponsel:

  • Emosi Tidak Terkontrol

Pernahkah Anda mendengar istilah nomophobia? Nomophobia berasal dari kata no mobile (tanpa ponsel) dan phobia (takut). Jadi fobia tersebut muncul ketika seseorang takut akan kehilangan atau saat jauh dari ponsel. Awalnya diakibatkan ketergantungan yang berlebih terhadap ponsel dan akhirnya berujung pada kecanduan. Saat seseorang sudah masuk ke tahap addict terhadap sebuah benda maka  emosinya akan tidak stabil dan seperti tak lagi terhubung dengan dunia nyata.

  • Masalah Pendengaran

Smartphone semakin mempermudah orang untuk saling berinteraksi, salah satunya adalah dengan program chatting ditambah fitur free-call. Kebiasaan ngobrol dalam waktu lama melalui ponsel dengan volume diatas normal bisa menyebabkan ketegangan pada gendang telinga. Hal ini bisa menyebabkan sakit telinga atau gangguan pendengaran. Batas volume baik saat bertelepon ataupun mendengar musik adalah dibawah 70% volume maksimum.

  • Picu Ketidaksuburan

Wah, masalah lain khususnya bagi kaum pria adalah bisa menimbulkan ketidaksuburan. Saat para pria menaruh ponsel di saku celananya. radiasi dan panas dari handphone bisa membunuh sperma. Dan perlu Anda ketahui, sperma akan lebih cepat mati dalam suhu yang panas.

  • Pikun

Frekuensi radio dari ponsel dapat mengganggu kemampuan otak untuk menyimpan informasi. Saat kepala Anda berada dekat dengan ponsel misalnya saat Anda tertidur, otak akan terpapar frekuensi radio tersebut sehingga daya ingat akan menurun.

  • Insomnia

Insomnia atau susah tidur timbul akibat perasaan cemas dan stres yang melanda ketika Anda ingin memejamkan mata. Penyebabnya adalah kebiasaan Anda menggunakan ponsel dan mengirim pesan singkat ke teman atau keluarga Anda.

 

Sumber foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter