silhouette cewe dan cowo tinggi

Faktor Tinggi Badan

Share Button

Tinggi badan merupakan salah satu kunci agar seseorang menjadi percaya diri dan mempermudah aktivitas. Sebaiknya, pertumbuhan tulang sudah diperhatikan sejak usia dini agar tidak terlambat pertumbuhannya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tulang seperti faktor genetik, nutrisi, dan aktivitas tubuh.

Dipengaruhi Gen

Faktor genetik adalah salah satu penentu apakah seseorang dapat tumbuh tinggi dengan natural atau tidak. Jika orangtua Anda sudah memiliki tinggi badan diatas 170 cm maka kemungkinan besar Anda memiliki tinggi badan melebihi 170 cm. Contohnya adalah orang Eropa dan Afrika yang memiliki gen tinggi yang baik dan umumnya berbadan ideal.

Nama gen penentu tinggi badan tersebut disebut HMGA2.

Seseorang yang hanya mendapatkan C dari salah satu orangtua, lebih tinggi 0,5 cm dari yang hanya memiliki T (Thymin). Bila memiliki C ganda, akan lebih tinggi 1 cm dari yang memiliki T ganda. Tentu masih ada gen lain yang berkaitan dengan tinggi badan. HMGA2 hanya menjelaskan 0,3 persen dari keberagaman tinggi manusia. Gen ini tidak hanya berpengaruh dari orangtua ke anak tapi juga dari kakek buyut.

Asupan Nutrisi

Tubuh memerlukan zat dan mineral agar dapat tumbuh dengan maksimal. Makanan seimbang dan lengkap seperti sayur, daging, susu, dan vitamin dapat mengoptimalkan pertumbuhan seseorang. Mineral seperti kalsium sudah dikenal sebagai pembantu pertumbuhan tulang, tapi vitamin dan mineral lain juga penting untuk mempercepat pertumbuhan tulang.

Nutrisi yang penting adalah protein, vitamin A, vitamin D, lemak, zat besi, dan yodium.

Aktivitas Fisik (Olahraga)

Olahraga setiap hari secara rutin berperan baik dalam pertumbuhan tulang. Ada sebuah lempeng penghubung tulang yang disebut lempeng epiphyseal. Kegiatan olahraga dapat merangsang lemoeng ini agar berkembang dengan maksimal. Kegiatan berlari, melompat, atletik, basket, renang, dan lompat tali adalah beberapa olahraga yang baik untuk pertumbuhan tulang.

Sumber Gambar : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter