Faktor Penyebab Kulit Wajah Berminyak

Share Button

Menurut Survey yang ditemukan, kebanyakan orang-orang yang memiliki jenis kulit berminyak adalah mereka yang masih berada di usia remaja. Hal ini diakibatkan oleh keadaan hormon Androgen yang sangat aktif pada usia ini, sehingga merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak dalam jumlah yang banyak. Hal ini juga diperkuat dengan fakta bahwa kebanyakan mereka yang cenderung memiliki masalah kulit, seperti jerawat berkisar pada usia 15 – 20 tahunan.

Kulit yang berminyak cenderung mudah terkena kotoran, seperti debu, bakteri, sehingga berkemungkinan besar timbulnya masalah seperti komedo yang berujung pada timbulnya jerawat.

Namun, perlu diperhatikan pula bahwa kulit yang berminyak tidak hanya disebabkan oleh faktor hormon, namun dapat juga disebabkan oleh faktor genetik (keturunan), asupan makanan (gizi), dan lainnya.

Jika ditinjau dari sisi genetiknya, jika orang tua memiliki jenis kulit cenderung berminyak, maka anak mereka pun berkemungkinan besar memiliki jenis kulit yang sama seperti mereka.

Sedangkan jika ditinjau dari faktor luarnya (eksternal), kulit berminyak dapat dipicu antara lain karena faktor udara yang terlalu panas atau terlalu lembab, pola asupan makanan yang kurang serat yang cenderung mengonsumsi makanan-makanan berminyak, penggunaan produk-produk kosmetik yang tidak cocok, telalu sering mencuci muka yang menyebabkan kulit wajah menjadi kering, sehingga memacu kelenjar minyak memproduksi minyak dalam jumlah yang berlebih.

Perawatan pertama yang dianjurkan bagi mereka yang memiliki kulit berminyak adalah mencuci muka maksimal 3 (tiga) dalam sehari, pada saat pagi, siang, dan malam sebelum tidur.

Sumber foto:  www.qualitystockphotos.com

Share Button

Republished by Blog Post Promoter