Diet Sehat Untuk Penderita Asma

Share Button

Asma adalah salah satu penyakit yang lama diderita oleh seseorang, bisa jadi seumur hidup orang harus mengatasi asma. Makanan untuk penderita asma haruslah yang sehat dan ringan. Makanannya juga harus dikonsumsi dalam interval dekat dengan porsi yang tertakar untuk menghindari perut terlalu kenyang. Bagaimana diet sehat untuk penderita asma itu? Mari kita simak uraian berikut.

Rencana diet untuk penderita asma sangat penting untuk menghindari munculnya serangan asma dan mencegah efek negative yang ditimbulkan akibat serangan tersebut. Penderita asma harus sangat hati-hati mengenai apa yang akan mereka konsumsi karena serangan asma sangat tergantung pada jenis makanan yang dikonsumsinya.

Penderita asma harus menghindari konsumsi makanan yang mengandung zat tepung seperti beras, kentang dan kacang-kacangan. Makanan jenis ini menyebabkan penyempitan pada pembuluh arteri di daerah pernafasan yang nantinya bisa menyebabkan serangan asma. Penderita asma juga harus menghindari rokok dan kopi karena kopi mengandung kafein yang menyebabkan penipisan pembuluh darah di saluran pernafsan yang memicu kurang tidur dan kegelisahan.

Anda juga harus menghindari rokok sebagai salah satu cara diet sehat untuk penderita asma. Tembakau di dalam rokok memicu bronchitis kronis yang juga menyebabkan asma. Selain itu konsumsi minuman dingin dan jus buah harus benar-benar dihindari. Susu dan produk olahan susu juga harus dihindari karena akan mengakibatkan inflamasi di dalam paru-paru. Juga kurangi konsumsi garam dan minyak sayur dalam setiap makanan yang disantap.

Makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita asma adalah buah segar dan sayur dalam jumlah banyak. Buah segar adalah sumber yang bagus sebagai antioksidan yang membuat otot paru-paru menjadi tenang. Selain itu buah segar juga sumber vitamin C, vitamin E dan betakarotin yang penting untuk menjaga kesehatan paru-paru.sayuran hijau akan menurunkan jumlah radikal bebas di dalam tubuh yang bertindak sebagai pemicu serangan asma.

Penderita asma boleh makan malam dua jam sebelum tidur dengan porsi kecil dan mereka harus mengkonsumsi banyak air mineral karena penderita asma kehilangan banyak air selama proses pernafasan yang cepat dan dipaksakan. Tetapi jangan minum air selagi makan karena akan membuat perut menjadi berat.

Diet sehat untuk penderita asma harus mengandung sejumlah flavenoids, beta karoten dan mineral serta asam lemak yang memberikan efek positif bagi kesehatannya. Jadi, diet sehat adalah cara terbaik untuk mencegah munculnya serangan asma mendadak.

Semoga uraian ini sedikit membantu Anda. Selamat mencoba.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>