foto pebisnis di kantor

Dampak Bekerja Terlalu Keras

Share Button

Belakangan ini, banyak berita mengenai kematian akibat bekerja terlalu keras bermunculan. Beberapa diantaranya disebabkan bekerja selama berhari-hari tanpa istirahat ditambah banyak mengonsumsi minuman berenergi dan kopi. Istirahat adalah kegiatan penting yang harus dilakukan dalam waktu cukup, karena saat tidur inilah tubuh Anda mengembalikan energi yang sudah terkuras seharian.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa apabila Anda bekerja lebih dari 11 jam per hari, akan ada banyak masalah kesehatan bermunculan. Meskipun ada hari libur selama 2 hari saat weekend, apabila Anda tidak bisa memanfaatkan waktu istirahat tersebut dengan maksimal, masalah kesehatan tetap akan mengintai Anda.

Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang dapat timbul akibat terlalu banyak bekerja.

1. Depresi

Waktu bekerja normal tiap harinya adalah 8 jam, lebih dari itu, Anda bisa terkena depresi. Anda dikatakan menderita depresi apabila suatu pikiran di otak Anda mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Perasaan tersebut bisa berupa rasa sedih, tidak ada semangat, malas beraktivitas, dan pola tidur yang terganggu. Apabila depresi yang diderita sudah terlalu parah, tidak jarang orang menjadi putus asa dan memilih bunuh diri. Gunakan weekend atau hari libur sebagai waktu untuk beristirahat, berkumpul bersama teman dan keluarga, atau refreshing.

2. Terlalu Lama Duduk

Bagi Anda yang bekerja di kantor, pasti kegiatan rutin Anda adalah duduk dan mengerjakan laporan serta yang lainnya di depan komputer. Duduk terlalu lama akan mengganggu struktur tulang belakang Anda dan bisa mengakibatkan peredaran darah tidak lancar, diabetes, kanker, obesitas, sakit jantung, bahkan kematian. Cobalah untuk melakukan peregangan ringan di kantor tiap kali Anda merasa pegal. Jangan lupa juga untuk selalu berolahraga di pagi atau sore hari tiap harinya, agar otot dan tulang Anda tidak kaku.

3. Otot Mata Tegang

Masih berhubungan dengan nomor dua, menatap layar monitor terlalu lama juga akan mengakibatkan mata menjadi tegang. Otot mata tegang akan mengakibatkan mata Anda terasa sangat lelah dan berat, sakit kepala, mata kering, dan berkurangnya kemampuan melihat. Saat akhir minggu sebaiknya Anda agak menjauhkan alat elektronik seperti TV, laptop, dan telepon genggam untuk mengistirahatkan mata Anda sejenak.

4. Stress

Stress adalah kondisi ketegangan fisik, psikis, emosi, dan mental. Saat Anda merasa stress, tubuh akan memproduksi hormon yang dapat meningkatkan tekanan darah, detak jantung, dan gula darah. Sama halnya dengan mengatasi depresi, Anda harus berusaha melupakan segala masalah pekerjaan saat weekend dan hari libur. Teman, keluarga, atau anak adalah jalan keluar temudah dan tercepat untuk mendapatkan kesenangan dan melupakan segala masalah pekerjaan.

 

Sumber foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter