1319306_xray

Cegah Osteoporosis Sejak Dini

Share Button

Belakangan ini berbagai macam susu berseliweran diiklankan berbagai media yang paling tren adalah susu untuk usia 25 tahun ke atas dan yang dibidik adalah konsumen wanita yang paling rentan terkena osteoporosis.

Apakah Osteoroporosis Itu Sebenarnya?

Secara sederhana bisa diartikan menurunnya massa tulang sehingga tulang menjadi rapuh. Kebanyakan diartikan sebagai tulang keropos. Ternyata, dua dari lima orang Indonesia berisiko terkena penyakit ini. Untuk itu,  mencegah sejak dini osteoporosis adalah sesuatu yang tak bisa ditunda lagi.

Perempuan, ternyata mengalami 2 tahun pertumbuhan lebih awal dari laki-laki. Pertumbuhan mencapai puncak  diusia 18, setelah itu massa tulang akan menurun dan mulai menghilang pada awal usia 30an, sedang laki-laki pada umur 11-15 tahun adalah pertumbuhan yang paling pesat dan mencapai puncak ketika usianya 20 tahun.

Maka dari itu mulailah sejak anak-anak mulailah memperhatikan membangun massa tulang mereka dengan baik agar pertumbuhan lebih optimal bisa terjadi hingga saat remaja dan dewasa hingga mereka tua tak akan masalah dengan tulangnya.

Tips Mencegah Osteoroporosis Sejak Dini

Asupan makanan, diupayakan makanan yang mengandung kalsium tinggi. Diantaranya rumput laut, susu, dan bahan olahan dari susu, tahu, tempe, susu kedelai, kembang tahu, brokoli, susu kambing juga bagus untuk anak.

Berjemur dibawah sinar matahari. Saat pembentukan massa tulang, sinar matahari terutama UVB membantu tubuh menghasilkan vitamin D, dan vitamin ini membantu tubuh dalam proses penyerapan dan penggunaan kalsium. Vitamin ini turut membantu usus menyerap kalsium sampai 30% karena tanpa itu usus hanya mampu menyerap kalsium dalam makanan sebesar 10-15%.

Anak usia kurang dari 1 tahun membutuhkan asupan vitamin D sebesar 400 IU perhari, sedang selebih umur itu dan remaja membutuhkan asupan vitamin D harian sebesar 200 IU. Berjemurlah dibawah sinar mentari pada pagi sebelum jam 9, atau  sore hari selama 20-30 menit, dalam 3 kali dalam seminggu.

Terakhir adalah olahraga secara teratur, dengan cara-cara itu diharapkan dapat cegah sejak dini osteoporosis.

 

Share Button