Cara Sehat Menurunkan Berat Badan

Cara Sehat Menurunkan Berat Badan

Share Button

Berat badan berlebih bisa mempengaruhi kondisi kesehatan. Munculnya penyakit seperti kolesterol yang tinggi, diabetes bisa dipengaruhi oleh berlebihnya berat badan. Bangkitnya kesadaran untuk hidup sehat membuat banyak orang berusaha menurunkan berat badannya yang sudah melewati batas ideal.

Banyak cara untuk menurunkan berat badan. Misalnya dengan menggunakan obat, membatasi jumlah kalori yang masuk hingga berolahraga. Tapi supaya tidak mengganggu kesehatan tentu saja lebih baik memilih cara sehat menurunkan berat badan.

Langkah pertama untuk menerapkan cara sehat menurunkan berat badan tentu dengan membatasi makanan. Bukan berarti tidak boleh makan, ya. Untuk seorang wanita di usia produktif yang pekerjaannya tidak terlalu berat, maka jumlah kalori yang dibutuhkan sekitar 1500 kalori. Agar berat badan turun tentu saja konsumsi kalori harus lebih kecil dari 1500.

Dari mana kita tahu jumlah kalori setiap makanan? Hampir semua makanan dalam kemasan dilengkapi dengan informasi mengenai jumlah kandungan kalori. Informasi mengenai kalori ini bisa didapatkan juga dari berbagai buku tentang diet.

Jam makan juga sangat berpengaruh dalam program penurunan berat badan. Agar berat badan turun disarankan untuk menghentikan konsumsi makanan setelah jam enam sore. Pilihlah sayuran dan buah untuk mengganjal perut bila terasa sangat lapar.

Olahraga yang dilakukan dengan teratur menjadi salah satu kunci sukses untuk menurunkan berat badan. Kombinasi latihan cardio-beban-cardio selama satu jam, terbukti efektif untuk membantu program diet. Olahraga yang termasuk dalam latihan cardio adalah lari atau jalan cepat dan bersepeda. Beban yang digunakan dalam olahraga sebaiknya sesuai dengan kemampuan tubuh. Jangan sampai karena memaksa mengangkat beban yang terlalu berat malah mengakibatkan cedera.

Penggunaan obat-obatan untuk menurunkan berat badan sesungguhnya tak terlalu disarankan. Apalagi menggunakan obat yang tidak terdaftar pada Badan Pengawasan Obat dan Makanan, sangat berbahaya. Penggunaan obat untuk mengurangi berat badan sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan dokter ahli.

Jadi sebenarnya tak sulit untuk menerapkan cara sehat menurunkan berat badan. Olahraga dan diet adalah rahasianya.

Share Button

Republished by Blog Post Promoter