Olahan Sayur Sehat

Cara Memasak Sayur dengan Benar

Share Button

Olahan Sayur SehatMengetahui cara memasak sayur dengan benar sangat penting, agar nutrisi dalam sayur tidak terbuang dengan sia-sia.

1. Mengukus
Dengan mengukus, akan menjaga nutrisi dan rasa dari sayuran tersebut. Mengukus adalah salah satu cara terbaik dan tersehat untuk memasak sayuran.

2. Memanggang
Salah satu cara untuk memasak sayuran adalah dengan memanggangnya. Namun sebaiknya tambahkan minyak zaitun untuk menambahkan nutrisi dan hindari menggunakan minyak sayur yang mengandung banyak lemak trans.

3. Gunakan Garam
Tambahkan sedikit garam pada masakan. Jangan terlalu banyak, namun cukup untuk mengeluarkan aroma dan rasa dari sayuran Anda. Jika Anda memiliki kecenderungan darah tinggi, sebaiknya gunakan sedikit saja.

4. Menumis
Ini adalah cara yang cepat dan mudah untuk memasak sayuran. Namun Anda sebaiknya berhati-hati ketika menumis karena bisa membuat sayuran menjadi layu. Perhatikan waktu menumis, jangan terlalu lama agar sayuran tetap segar dan nutrisinya tetap terjaga.

5. Panggang di Oven
Menggunakan oven atau pemanggang adalah cara sehat lainnya untuk memasak sayuran. Memasak dengan cara ini akan membantu menjaga rasa masakan. Selain itu, nutrisi dan vitamin yang ada dalam sayuran juga tak akan hilang.

6. Merebus
Meski merebus sebenarnya bisa membuat sayuran kehilangan nilai nutrisi yang ada di dalamnya, namun ini bisa diakali dengan menggunakan air masak. Air yang digunakan untuk merebus sayuran bisa digunakan lagi sebagai sup karena mengandung vitamin dan nutrisi.

7. Menyetup
Menyetup atau stewing adalah memasak banyak bahan makanan secara bersamaan dengan sedikit air. Cara ini merupakan salah satu cara yang sehat untuk memasak makanan. Anda bisa mencampurkan banyak sayuran ke dalam sebuah panci khusus untuk menyetup. Cara ini akan membuat nutrisi dalam sayuran tetap utuh.

Sumber Gambar : www.qualitystockphotos.com

Share Button