Buah yang Dapat Merusak Diet Anda

Buah yang Dapat Merusak Diet Anda

Share Button

Buah merupakan makanan yang sehat. Karbohidrat, vitamin, mineral, dan lemak buah baik untuk tubuh. Akan tetapi jangan salah paham dulu. Meskipun buah baik untuk kesehatan, tak semua jenis buah layak dikonsumsi saat diet. Ada beberapa jenis buah atau olahan buah yang dapat merusak diet Anda. Apa sajakah itu?

Beberapa Jenis Buah dan Olahan Buah Yang Dapat Merusak Diet Anda

Manisan Buah

Di sini, olahan buah jenis ini bisa merusak diet Anda tentu karena kandungan gula yang ada di dalamnya sangat tinggi. Jika kadar gula tinggi maka kalori manisan buah akan sangat tinggi. Jika Anda mengonsumsi manisan buah saat diet, bukannya menghilangkan jaringan lemak yang ada di dalam tubuh, Anda malah akan menambah timbunannya dengan lemak yang berasal dari gula manisan buah. Ingat, kalori yang berlebih akan disimpan tubuh sebagai lapisan lemak.

Asinan Buah

Di sini, garam yang terkandung di dalam asinan buah akan membuat tubuh hidrasi atau menyerap air sebanyak-banyaknya. Meskipun air baik bagi tubuh, terutama saat berdiet, akan tetapi jika air ini diserap tubuh terlalu banyak tanpa diimbangi dengan pengeluaran (dehidrasi) maka berat badan akan bertambah.

Buah Yang Banyak Mengandung Gula dan Lemak

Sekali pun lemak buah merupakan lemak tak jenuh (ada pula yang lemak jenuh, seperti durian) yang baik bagi kesehatan. Misalnya saja sawo, avokad, kelapa, kelengkeng, leci, mangga, dan lain-lain. Di sini yang dimaksud tentu jika dikonsumsi secara berlebih, misalnya saja dijadikan snack atau makanan camilan di antara jam makan utama.

Buah Yang Dikeringkan

Misalnya saja kurma dan kismis. Di sini jelas sekali karena jenis-jenis buah seperti ini kandungan airnya sedikit (yang membuat tubuh selalu haus) dan kandungan gula yang tinggi (kalori tinggi).

Buah Yang Dijus

Baik dengan tambahan gula atau pun tidak. Di sini tentu maksudnya adalah jus buah yang manis dan dengan juga jus dengan tambahan gula. Untuk jus buah yang manis, ingat bahwa gula buah itu adalah fruktosa dan jus buah dengan tambahan gula itu mengandung banyak sukrosa. Di dalam perut, fruktosa dan sukrosa akan diubah menjadi glukosa. Dan jika glukosa berlebih, maka akan ditimbun menjadi lemak.

Buah Kalengan

Di sini mirip dengan manisan buah dan juga buah yang dikeringkan. Penambahan gula yang diberikan di dalam proses pengalengan sebagai bentuk pengawetan tentu saja akan membuat nilai kalorinya bertambah. Dan lagi-lagi, kalori akan dikonversikan menjadi lemak di dalam tubuh.

~

Nah itulah beberapa di antaranya jenis-jenis buah dan olahan buah yang dapat merusak diet Anda. Waspadalah selalu dengannya karena selain akan membuat rencana diet Anda sia-sia, kadar gula di dalam buah juga bisa membawa risiko diabetes.

Semoga bermanfaat.

Share Button

Republished by Blog Post Promoter