Foto Buah Blackcurrant

Blackcurrant Buah Mungil yang Mulai Meroket

Share Button

Blackcurrant, buah yang memiliki tampilan serupa namanya, yaitu hitam-keunguan ini, memang tidak seterkenal jenis berry lainnya seperti strawberry, pisang, atau anggur. Sehingga banyak orang tidak mengetahui manfaat dari buah ini.

Kandungan vitamin C dalam blackcurrant sangat tinggi yaitu mencapat 302% nilai asupan harian per 100 gram. Kandungan tersebut membuat blackcurrant memiliki fungsi penting sebagai antioksidan dan melawan radikal bebas. Apabila tubuh mampu melawan radikal bebas maka penyakit seperti flu, infeksi virus, dan kerusakan sel darah putih akibat bakteri jahat dapat dihindari.

Blackcurrant juga mengandung flavonoid yang berfungsi menjaga sel kekebalan tubuh. Salah satu kumpulan flavonoid yang terdapat dalam blackcurrant disebut proanthocyanidins yang memiliki kemampuan menangkal radikal bebas 20 kali lebih besar dari vitamin C dan 50 kali lebih kuat dibanding vitamin E.

Buah dengan nama latin ribes nigrum ini dapat mencegah dan menyembuhkan banyak penyakit seperti jantung, kanker, radang, asma, alergi, flu, sakit perut, sampai penyakit Alzheimer. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa blackcurrant mampu menjaga kesehatan otak, mata, dan paru-paru.

Selain vitamin C, blackcurrant juga banyak mengandung vitamin lain seperti vitamin B1, B2, B3, B5 dan vitamin B6, serta mineral kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng dan potasium. Black currants juga mengandung banyak vitamin A yang baik untuk mata dan kulit serta beta-carotene.

Selain itu buah mungil ini juga mengandung banyak mineral zat besi. Dalam 100 gram blackcurrant terdapat 20% kebutuhan zat besi harian. Zat besi ini berfungsi menambah sel darah merah dalam tubuh.

Namun buah ini juga memiliki efek samping pada kasus-kasus tertentu. Apabila Anda sedang terluka atau sedang menjalani operasi, sebaiknya Anda menjauhi buah ini. Blackcurrant dapat memperlambat proses pengeringan luka, dianjurkan agar Anda tidak mengkonsumsi blackcurrant selama 2 minggu sebelum menjalani operasi.

Sumber Foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button