Seorang pria sedang bersepeda

Bersepeda sebagai Gaya Hidup

Share Button

Banyak orang gemar bersepeda, selain sebagai sarana olahraga, pada masa kini anak muda menggunakan kegiatan bersepeda sebagai gaya hidup. Bersepeda adalah salah satu olahraga yang ringan karena dapat dilakukan secara bersama-sama sehingga tidak terasa lelah, namun manfaatnya juga luar biasa bagi tubuh.

1. Baik untuk jantung

Bersepeda dapat memperlancar sistem peredaran darah dalam tubuh. Sistem kardiovaskular atau sistem peredaran darah akan menjadi lancar sel-sel dalam tubuh mendapat zat secara lancar. Hal ini disebabkan saat bersepeda jantung menjadi terlatih dan dapat memompa darah lebih optimal.

2. Kekuatan Otot

Mengendarai sepeda akan membuat pergerakan otot menjadi lebih selaras dan membentuk otot. Saat mengayuh sepeda otot-otot pada tubuh bagian bawah dari pinggang sampai ke kaki akan bergerak secara bersamaan, sehingga dapat membentuk otot dan menjauhkan tubuh dari penyakit sendi atau pinggang. Saat berolahraga otot akan menjadi aktif sehingga membuatnya semakin kuat agar dapat berfungsi secara efisien.

3. Merampingkan Pinggang dan Mencegah Obesitas

Saat bersepeda Anda akan membakar banyak kalori, terutama saat Anda bersepeda lebih cepat dari kecepatan biasanya. Bersepeda dapat menurunkan risiko kelebihan berat badan dan obesitas hingga 70 persen! Dengan menurunnya berat badan, maka akan semakin mudah juga bagi tubuh untuk mengatur kolesterol. Sistem metabolisme juga akan meningkat apabila Anda rutin bersepeda tiap hari.

4. Baik untuk Kesehatan Mental

Bersepeda dapat membuat tubuh dan pikiran seseorang menjadi lebih rileks. Emosi dalam tubuh dan stress yang dialami fisik dapat dikurangi dengan bersepeda ringan tiap sore atau pagi. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa bersepeda bisa menurunkan kadar kecemasan, depresi, dan masalah psikologi lainnya. Selain itu, olahraga dengan bersepeda juga bisa menyeimbangkan hormon.

5. Menjaga Sirkulasi dalam Tubuh

Dengan bersepeda kita juga akan melatih pernapasan. Nafas akan menjadi lebih teratur, sehingga oksigen yang masuk ke otak dan tubuh akan lebih terjaga. SIstem pernapasan biasanya terganggu dengan kurangnya aktivitas. Bersepeda, salah satu aktivitas fisik yang bisa menguatkan otot pernapasan dan paru-paru sehingga bisa membuat sistem pernapasan lebih baik. Sistem pernapasan yang baik juga bisa meningkatkan jumlah energi yang dihasilkan oleh tubuh.

 

Sumber foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button