Market di Tokyo

Belajar Sehat ala Jepang I

Share Button

Pernahkah terlintas dipikiran Anda mengapa orang Jepang selalu terlihat sehat dan awet muda? Ya orang Jepang nyatanya memiliki umur harapan hidup terpanjang di dunia! Para wanita rata-rata berumur 86 tahun sementara pria rata-rata berumur 79 tahun.

Tentu mereka memiliki rahasia sendiri yang sudah diwariskan turun temurun yang membuat mereka selalu sehat. Kebanyakan dari warisan kebudayaan kesehatan ini belum diadaptasi oleh negara lain, berikut adalah delapan rahasia orang Jepang rata-rata sehat dan berumur panjang.

1. Tidak hanya Makan Nasi

Orang Jepang terkenal sebagai salah satu bangsa yang sangat selektif atau pemilih dalam menjaga karbohidrat. Kita mungkin mengenal nasi Jepang yang sering disajikan di restoran Jepang atau dalam bento. Namun nyatanya, orang Jepang tidak sesering itu mengonsumsi nasi.

Mereka memiliki banyak variasi sumber karbohidrat yang sebenarnya mudah ditemui di Indonesia. Contohnya adalah kentang, ubi, udon (mie dari beras), soba (mie dari tepung gandum), dan sereal. Khusus untuk ubi bakar, makanan ini dijual dengan harga tinggi di Jepang, yaitu sekitar ¥400 atau 40 ribu rupiah. Inilah sebabnya orang Jepang bangga mengkonsumsi ubi karena memang adat mereka yang menghargai makanan ini. Bandingkan dengan Indonesia yang menjual ubi dengan harga 15-20 ribu per kilogram.

2. Cinta Sayuran

Selain menjaga asupan karbohidrat, orang Jepang juka terkenal amat mencintai sayuran. Hampir dalam seluruh menu makanan Jepang pasti menyisipkan sayuran di dalamnya, bukan sekedar lalapan seperti di Indonesia, tapi dengan porsi yang seimbang. Itulah sebabnya orang Jepang juga memiliki indeks kesehatan terbaik di dunia.

3. Tidak Mengolah dengan Waktu Lama

Makanan sejatinya melepas beberapa gizi dan vitamin yang dikandung didalamnya saat proses pengolahan, baik itu direbus, goreng, bakar, atau tumis. Orang Jepang berusaha meminimalisir pelepasan gizi ini dengan cara mengolah makanan dalam waktu singkat. Melalui cara masak seperti ini, makanan tidak akan melalui proses panjang sehingga kerusakan yang terjadi maupun radikal bebas yang terbentuk dari setiap proses memasak akan menjadi sangat minimal. Dan hal ini membuat kualitas makanan terjaga dengan baik. Bahkan kita ketahui orang Jepang tidak segan memakan makanan mentah, terutama ikan.

Kelanjutan dari Artikel ini : http://101gayahidupsehat.com/belajar-sehat-ala-jepang-ii/

Sumber Foto : http://KumpulanFotoGratis.com

Share Button

Republished by Blog Post Promoter