Bagaimana Cara Berhenti Merokok?

Share Button

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk membantu diri Anda berhenti merokok adalah mengidentifikasi hal-hal yang membuat Anda ingin merokok, termasuk situasi tertentu, kegiatan, perasaan, dan orang-orang. Berikut panduan yang dapat Anda ikuti.

1. Hal Pertama yang Harus Dilakukan

Berpikir positif dan percaya diri, beritahu orang-orang di sekitar Anda, cari alasan berhenti merokok, buat tanggal-tanggal berhenti merokok, cari beberapa fakta tentang merokok di internet, buang semua mancis dan asbak, tabung uang rokok Anda,  jangan menyerah bila Anda merokok tanpa sadar dan fokuskan kembali diri Anda.

 

2. Tips-Tips Menghindari untuk Merokok

Berikut beberapa alasan dan tips berhenti merokok :

Alkohol. Banyak orang terbiasa merokok saat mereka sedang meminum alkohol.
Tips : beralihlah ke minuman non-alcohol dan cobalah mengemil makanan ringan yang sehat seperti kacang-kacangan, roti gandum, dll.

Perokok lain. Ketika teman-teman, keluarga, dan rekan kerja merokok di sekitar Anda, Itu akan sangat sulit untuk menghindari untuk merokok.
Tips : Beritahu orang sekitar Anda bahwa Anda ingin mengubah kebiasaan lama dengan berhenti merokok. Biarkan mereka tahu, kalau mereka tidak bisa merokok ketika sedang bersama Anda(di dalam mobil bersama atau meminum kopi di ruang tamu). Saat di tempat kerja, hindari ruangan khusus perokok, sehingga Anda tidak tergoda untuk merokok kembali.

Merokok di Kamar Mandi : Bagi kebanyakan orang dewasa bahkan remaja, biasanya merokok di kamar mandi.
Tips : Gantilah rokok Anda dengan membaca buku atau bermain game.

Buatlah Alasan mengapa Anda berhenti merokok, seperti :

  • Sudah memiliki anak, Anda tidak ingin anak Anda menjadi pecandu rokok seperti Anda, atau takut untuk meracuni anak Anda dengan racun yang ada pada rokok.
  • Anda sayang pada bumi, keluarga dan diri Anda sendiri dan menghargai semua itu dengan berhenti merokok.
  • Racun pada rokok dapat menghancurkan bumi secara perlahan dan membuat diri Anda lebih dekat dengan kematian.

3. Alihkan Perhatian Anda

Sibukkan diri Anda dengan : Berolahraga, lebih fokus pada pekerjaan dan keluarga, membantu anak Anda belajar, membereskan rumah, dan membaca anjing Anda untuk bermain dan berlari. Banyak kegiatan yang lebih bermanfaat untuk Anda jalanin. Dengan cara ini pula Anda telah menghargai hidup Anda.

Ingatkan diri Anda mengapa berhenti merokok. Fokus pada alasan, kesehatan, penampilan terbaik, uang, dan meningkatkan harga diri. Minumlah air putih, dengan meminum air putih, nikotin dalam tubuh Anda perlahan-lahan akan menghilang dan Andapun dapat terbebas dari rasa ingin merokok.

Anda dapat mengganti rokok dengan permen, buah, dan kacangan-kacangan.

Cobalah untuk rileks : Lakukan sesuatu yang dapat menenangkan Anda, seperti : mandi air hanya, meditasi, membaca buku, atau berlatih pernapasan.

 

Sumber Foto : http://kumpulanfotogratis.com/

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>