foto vaporizer aromaterapi

Bagaimana Aromaterapi Bekerja

Share Button

Aromaterapi adalah minyak yang berasal dari tumbuhan dan herbal yang dapat merubah mood Anda dengan bau-bauan. Selain bisa merubah mood, aromaterapi bahkan juga digunakan sebagai pain killer atau pengurang rasa sakit. Aromaterapi bisa digunakan dengan berbagai macam bentuk seperti parfum, pengharum rungan, dupa, dan lilin. Bahkan saat ini ada obat nyamuk yang menggunakan aromaterapi.

foto vaporizer aromaterapi

Aromatherapi umumnya digunakan untuk rileksasi dan pengobatan. Tapi pernahkah Anda bertanya bagaimana aromaterapi bekerja? Wewangian yang dihasilkan oleh minyak aromaterapi pada dasarnya memanipulasi dengan cara menstimulasi saraf di hidung (sistem limbik). Saraf-saraf ini kemudian mengirimkan sinyal ke otak agar tubuh menjadi rileks. Dengan begitu napas Anda akan lebih teratur, denyut jantung stabil, tekanan darah stabil, dan keseimbangan hormon Anda terjaga. Sistem limbik adalah tempat pusat memori, suasana hati, dan intelektualitas seorang manusia, dengan adanya stimulasi di sana maka keadaan jiwa seseorang dapat berubah.

Wewangian yang dihasilkan aromaterapi sangat beragam dan masing-masing ragamnya akan memberikan manfaat yang berbeda bagi tubuh. Contohnya aroma lavender dan jeruk yang paling umum dipakai, tedapat kandungan linalool di dalamnya. Linalool terbukti dapat menurunkan stres dengan mengubah ekspresi gen dan kimia dalam darah. Sementara untuk mengurangi rasa sakit, Anda bisa menggunakan aroma thyme.

Namun sayangnya, penggunaan aromaterapi secara berlebihan justru dapat mengakibatkan masalah kesehatan. Batas maksimal penggunaan aromaterapi hanyalah satu jam, jika lebih dari itu maka keseimbangan tubuh akan terganggu, bahkan dapat merusak jantung Anda. Aromaterapi terdiri dari zat kimia berupa senyawa organik yang mudah menguap. Namun dalam jangka panjang, senyawa ini akan bercampur dengan udara sekitar dan membentuk aerosol organik sekunder. Aerosol inilah yang berbahaya karena dapat menyebabkan iritas pada hidung, tenggorokan, dan mata; terparah kesehatan hati dan ginjal Anda juga akan terancam.

 

Sumber foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button