Pria yang tertidur karena lelah

Atasi Susah Tidur

Share Button

Insomnia atau gangguan tidur tidur memiliki ciri susah untuk memulai atau mempertahankan tidur. Hidup yang tidak teratur seperti sering bergadang, stres, dan kurang olahraga menjadi akar masalah ini. Dampaknya, tubuh akan lebih mudah terserang penyakit dan juga mudah kehilangan konsentrasi.

Berikut tips agar Anda dapat terhindar dari insomnia:

1. Tidur dalam Ruangan yang Minim Cahaya

Cahaya mempengaruhi proses produksi hormon melatonin dalam tubuh. Hormon ini bekerja untuk anti oksidan dan mengontrol tidur. Ruangan tanpa cahaya membantu Anda 30% lebih cepat untuk tertidur.

Tips: Matikan TV, komputer, atau peralatan sumber cahaya lainnya satu jam sebelum tidur.

2. Jauhkan Jam dari Pandangan Anda

Masalah orang sulit tidur seringkali adalah karena cemas. Perasaan cemas ini timbul ketika Anda melihat jam dan mulai berfikir apa yang akan dihadapi besok hari. Bila Anda terus-menerus melirik ke arah jam saat larut malam, Anda akan terus merasa khawatir dengan sisa waktu tidur sebelum hari sibuk Anda yang lain dimulai.

3. Hindari Kafein Sebelum Tidur

Kopi adalah salah satu sumber kafein, dimana kita ketahui bahwa kafein akan membuat Anda susah tidur. Sama halnya dengan teh, coklat, dan soft drink yang mengandung kafein. Usahakan hindari kafein 9 jam sebelum waktu Anda tidur.

Tips: pain killers dan pil penurun badan mengandung kafein, jadi Anda harus menghindarinya.

4. Olahraga Teratur

Olahraga teratur terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur, namun perlu diperhatikan agar tidak dilakukan dekat dengan waktu tidur. Pasalnya selepas berolahraga metabolisme dan kerja jantung dalam tubuh akan meningkat, sehingga membuat tubuh sulit rileks.

5. Jangan Merokok

Sama halnya dengan kafein, nikotin dalam rokok juga merupakan sebuah stimulan yang membuat Anda semakin terjaga dan dapat memperburuk insomnia.

6. Gunakan Obat Tidur Sesuai Resep Dokter

Obat tidur adalah salah satu solusi ampuh namun tidak dianjurkan untuk dilakukan secara rutin. Pasalnya, obat tidur dapat membuat Anda kecanduan dan memiliki efek samping. Sebaiknya minta saran terlebih dahulu dari dokter Anda mengenai kuantitas dan waktu pemakaiannya.

 7. Jangan Tidur Siang

Sering kali kita merasa harus mengganti tidur malam kita yang kurang dengan tidur siang. Efeknya justru sebaliknya, jam tidur Anda akan berubah dan akan lebih sulit tidur pada malam hari. Anda disarankan hanya mengganti tidur malam yang kurang dengan tidur satu jam saja pada siang hari, agar otak Anda tidak bingung.

8. Bersihkan Kamar

Kamar berantakan ternyata adalah salah satu penyebab Anda sulit tidur. Mengapa? Karena kamar berantakan akan mempengaruhi pikiran dan membuat stres. Sebaiknya sering-seringlah membereskan kamar Anda, selain menghilangkan stres, pekerjaan membereskan kamar dapat meningkatkan mood Anda.

Sumber Foto : http://KumpulanFotoGratis.com

Share Button