foto semangkok salad sayur

Apakah Menjadi Vegetarian Berarti Sehat?

Share Button

Vegetarian adalah salah satu gaya hidup dimana orang yang menjalaninya berkomitmen untuk tidak mengkonsumsi segala produk yang berasal dari hewan. Itu berarti seorang vegetarian atau yang lebih dikenal dengan “vegan” tidak akan makan daging sapi, ayam, ikan, keju, telur, susu, bahkan madu. Alasannya pun beragam, awalnya berdasarkan kesadaran orang-orang untuk melestarikan binatang dan tidak menjadikan mereka bahan konsumsi, sebelum akhirnya berkembang sebagai salah satu bentuk gaya hidup berupa diet vegetarian.

foto semangkok salad sayur

Mereka yang menjalanin program diet ketat dengan menjadi vegetarian bertujuan agar tubuh mereka akan jauh dari penyakit-penyakit akibat makan terlalu banyak produk hewani seperti penyakit jantung, obesitas, darah tinggi, atau stroke. Hal ini dikarenakan dengan mengkonsumsi produk nabati atau sayuran saja, kolesterol dan lemak mereka akan terus terjaga.

Lalu apakah keutungan sebenarnya menjadi seorang vegetarian? Dengan menjalani program diet vegetarian yang tepat berarti Anda akan lebih banyak mengkonsumsi buah, sayuran, biji-bijian, dan menjauhi lemak jenuh yang berasal dari hewan. Dengan kondisi seperti itu, makanan yang masuk ke tubuh Anda adalah makanan penuh serat, vitamin, antioksidan, mineral, dan lain-lain. Sebagai hasilnya tekanan darah Anda akan lebih stabil dan cenderung dalam keadaan rendah, mood yang lebih terjaga, menurunkan resiko serangan jantung, kanker, diabetes, dan obesitas.

Namun sayangnya, banyak mereka yang mau memulai diet ala vegetarian salah dalam menjalaninya dan justru menjadi sakit. Beberapa orang dilaporkan menjadi sangat rentan terhadap penyakit dan terhambat pertumbuhannya karena kekurangan gizi seperti zat besi, vitamin B12, dan karbohidrat. Para dokter dan ahli gizi kemudian menyarankan agar mereka yang memutuskan menjadi vegetarian minimal berumur 18 tahun, karena sudah memiliki sistem pencernaan yang baik.

Beberapa kasus mengenai vegetarian yang salah disebabkan salah dalam memilih panutan atau sumber informasi. Ada beribu-ribu artikel mengenai cara diet ala vegetarian, namun sayangnya, tidak semua artikel tersebut tepat, sehingga justru menimbulkan efek samping bagi mereka yang menjalani. Beberapa orang lain yang gagal menjalani program diet umumnya disebabkan perubahan gaya hidup yang terlalu drastis. Contoh termudah adalah apabila Anda adalah orang yang gemar nyemil atau selalu menyiapkan snack di kamar, dengan merubah pola hidup secara drastis, justru akan berdampak pada keadaan psikis Anda.

Apabila Anda sedang berencana untuk menjadi vegetarian untuk hidup yang lebih baik serta melestarikan binatang, cobalah untuk mencari sumber atau mengunjungi dokter kepercayaan Anda untuk meminta saran darinya. Setelah itu, buat program yang paling sesuai, jangan ubah gaya hidup terlalu cepat, maka diet Anda akan sukses. Selamat mencoba!

Sumber foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter