Sebotol dan segelas air

Apa yang Terjadi Jika Seseorang Minum Terlalu BANYAK Air?

Share Button

Part 1

Air adalah unsur terpenting untuk menjaga tubuh kita tetap sehat. Dalam air yang kita minum terdapat elektrolit yang akan diserap sel-sel dalam tubuh untuk menggerakan neuron, melancarkan pembuluh darah, menggerakan otot, dan menjaga otak tetap bekerja dengan optimal. Begitu pentingnya air, bahkan 3 hari tanpa air manusia sudah dipastikan tidak dapat bertahan hidup.

Sebotol dan segelas air

Lalu apa yang terjadi jika seseorang meminum air dalam jumlah banyak dalam waktu singkat? Bagaimana tubuh kita akan meresponnya dan apa efeknya? Mari kita simak:

Pertanyaan 1: Apakah bisa seseorang minum BANYAK air?

Jawabannya adalah bisa, hanya saja sangat sulit. Air yang masuk ke dalam tubuh akan di saring oleh ginjal, dan air berlebih akan dibuang dengan otomatis. Jumlah yang dianjurkan untuk wanita adalah 2,7 liter air per hari, dimana sebagian dari kebutuhan tersebut di dapat dari makanan. Jadi ketika seseorang minum air dalam jumlah yang banyak, ginjal akan bekerja lebih keras dan pastinya Anda perlu ke kamar kecil lebih sering karena kelebihan cairan. Namun hal itu juga tergantung dari suhu sekitar dan kegiatan yang Anda kerjakan. Apabila suhu tubuh lebih dingin dari lingkungan sekitar, maka cairan berlebih akan keluar melalui urin, sementara jika Anda sedang berolahraga dan suhu tubuh lebih panas dari lingkungan, maka cairan akan keluar melalui keringat.

Pertanyaan 2: Apakah minum BANYAK air tidak berbahaya?

Meskipun ginjal bekerja dengan baik menyaring cairan berlebih, minum air dalam jumlah terlalu banyak dapat mengancam jiwa Anda. Ada banyak kasus kematian yang disebabkan meminum air terlalu banyak, hal ini umumnya terjadi pada para pelari marathon. Saat Anda sedang berolahraga, ginjal tidak akan bekerja semaksimal Anda sedang dalam keadaan biasa. Hal ini dikarenakan saat olahraga, darah lebih banyak dipompa ke jantung dan otot, sementara ginjal, sistem percernaan dan beberapa area lain justru paling sedikit menerima aliran darah.

Masalah lain yang timbul ketika Anda minum terlalu banyak air adalah kelebihan elektrolit. Yap, sesuatu yang berlebih pasti tidak baik. Elektrolit berlebih yang diserap oleh sel-sel akan membuat sel tersebut membengkak, untuk sel seperti otot mungkin tidak masalah, tapi berbeda dengan otak. Apabila otak membengkak, maka otak tidak akan memiliki ruang yang cukup di kepala, hal ini menyebabkan Anda merasa sakit kepala, merasa bingung, beberapa orang bisa sampai koma, dan bahkan menyebabkan kematian.

Lanjut ke Part 2

Share Button

Republished by Blog Post Promoter