wanita minum air

Apa yang Terjadi Jika Seseorang Minum Terlalu BANYAK Air? Part 2

Share Button

Part 2

Meminum air terlalu banyak dapat menimbulkan kondisi yang disebut intoksinasi yang menyebabkan pengenceran sodium dalam tubuh atau hiponatremia. Intoksinasi air seringkali terjadi pada bayi yang berusia di bawah 6 bulan dan beberapa atlit. Pada bayi, intoksinasi akan terjadi sebagai akibat dari meminum beberapa botol air dalam sehari. Hal ini disebabkan oleh ginjal bayi yang belum bekerja semaksimal manusia dewasa.

wanita minum air

Banyak juga berita yang mengabarkan seringnya atlit juga menderita intoksinasi. Ketika menjalankan pekerjaannya seorang atrit akan berkeringat sangat banyak, kehilangan cairan serta elektrolit dalam tubuhnya. Intoksinasi dan hiponatremia akan terjadi ketika seorang atlit yang sedang dehidrasi berat, meminum air terlalu banyak, tanpa disertai dengan jumlah elektrolit yang cukup.

Lalu bagaimana caranya menghindari intoksinasi dan hiponatremia? Kuncinya bukanlah jumlah air yang Anda minum, melainkan secepat apa Anda meminumnya. Ginjal orang dewasa yang sehat bisa memproses 15 liter air per hari.

Minum banyak air nyatanya tidak akan merusak ginjal Anda apabila Anda mengatur kapan Anda akan minum, lebih baik minum dari waktu ke waktu, dibanding langsung menghabiskannya dalam waktu singkat.

Cara paling mudah untuk mengetahui kapan Anda minum adalah tahu jika Anda haus. Saat Anda merasa minum langsung ambil segelas air dan minum saat itu juga. Dengan begitu ginjal Anda akan tetap sehat dan Anda tidak akan menderetia intoksinasi serta hiponatremia.

Sumber foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Kembali ke Part 1

Share Button

Republished by Blog Post Promoter