Foto Wanita sedang Melakukan Peregangan

Apa Sih Gunanya Stretching?

Share Button

Pernah tidak Anda bertanya-tanya mengapa sebelum berolahraga Anda disarankan untuk stretching atau peregangan terlebih dahulu? Alasan yang sering didapat pun standar, agak tubuh tidak kaget atau tidak kaku, sehingga mengurangi resiko cidera. Pada intinya peregangan dan pemanasan berfungsi untuk melatih persendian dan otot agak lebih fleksibel dan mudah digerakkan. Berikut adalah penjelasan fungsi dari stretching.

Dalam membahas stretching Anda harus mengenal terlebih dahulu beberapa istilah yang biasa digunakan yaitu fleksibilitas, batas jarak gerakan (Range of Motion/ROM) dan stretching. Fleksibilitas adalah kemampuan persendian dalam tubuh untuk bergerak sesuai dengan ROM, serta kemampuan otot untuk bergerak pada sendi-sendi tersebut. Semakin mudah Anda menggerakan persendian dan menarik otot sedemikian rupa, semakin baik tingkat fleksibilitas Anda. Inti dari stretching adalah melatih otot untuk bergerak seluwes mungkin untuk meningkatkan fleksibilitas dan elastisitas. Ada dua jenis peregangan yaitu dengan menggerakan badan sampai ke batas-batas ROM sendiri contohnya dengan menganggukan kepala, atau dengan bantuan orang lain, seperti meminta teman mendorong punggung Anda untuk membantu peregangan dengan cara mencium lutut.

Lalu apa fungsi sebenarnya dari stretching?

1. Meningkatkan ROM

ROM sebenarnya serupa dengan kelenturan tubuh, dimana Anda bisa menggerakan seluruh persendian dan otot semaksimal mungkin. ROM terkait langsung dengan fleksibilitas otot, contohnya adalah seorang pesepakbola, apabila memiliki otot dan sendi yang lebih fleksibel, maka semakin kuatlah tendangannya.

2. Meningkatkan kekuatan

Stretching berfungsi untuk meningkatkan panjang dari otot sehingga menambah kemampuan otot untuk berkontraksi. Dengan begitu, kemampuan dan kekuatan otot untuk bergerak akan bertambah, sehingga dapat meningkatkan kekuatan tubuh Anda.

3. Menurunkan resiko kram

Otot terdiri dari serat-serat yang ada di dalamnya. Dengan stretching Anda dapat melatih serat tersebut agar lebih fleksibel sehingga menurunkan resiko kram akibat kontraksi yang terbatas atau penyumbatan pembuluh darah.

Perlu diketahui bahwa stretching atau peregangan berbeda dengan warm up atau pemanasan. Contoh dari pemanasan adalah berlari mengelilingi lapangan dengan kecepatan normal. Perlu diingat bahwa Anda tidak disarankan untuk melakukan stretching sebelum melakukan pemanasan, karena hal tersebut sama halnya dengan mencoba menarik sebuah karet gelang yang sudah tua dan kering, sehingga bisa dengan mudah putus, sama halnya dengan otot yang bisa sobek apabila Anda tidak pemanasan terlebih dahulu.

Anda juga disarankan untuk melakukan stretching setelah berolahraga, untuk sesi yang satu ini disebut cooling down. Cooling down berfungsi untuk menurunkan rasa sakit yang mungkin akan timbul beberapa hari setelah Anda melakukan latihan keras. Disarankan untuk melakukan cooling down selama 5-10 menit dengan gerakan yang lembut serta pernafasan teratur.

 

Sumber foto : http://KumpulanFotoGratis.com/

Share Button

Republished by Blog Post Promoter